Senin, 15 April 2024

Marinir Amerika Serikat Ajari Prajurit TNI Gunakan Drone Pengintai RQ-20A Puma

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Personel dari United States Marines Corps (USMC) Reconnaisance Unit atau Marinir Amerika Serikat dan personel TNI terlihat berlatih bersama di Marine Force Reconnaisance Battalion Camp Pendleton, California, Amerika Serikat.

Momen ini tergambar dan diunggah oleh akun twitter resminya @st_Marine_Div, Rabu, (12/4).

Dalam latihan tersebut terlihat beberapa orang personel dari TNI tampak serius menyimak penjelasan dari beberapa personel Marinir Amerika Serikat tentang cara menggunakan drone pengintai RQ-20A Puma.

Baca Juga: TNI Gelar Bazar Menyambut Lebaran 2023

Dilansir dari Air Space Review, Kamis, (13/4) drone RQ-20A Puma adalah produk buatan perusahaan Amerika Serikat AeroVironment dan sekarang sedang digunakan Ukraina untuk melawan invasi Rusia.

Drone dilengkapi dengan empat kamera pengintai tahan air, di mana dua di antaranya mampu melakukan penglihatan di malam hari (inframerah).

drone
(Foto: Twitter @st_Marine_Div)

Drone ini juga dirancang sangat efisien dioperasikan dari tangan dan persiapan operasinya memakan waktu 10 menit saja.

Berikutnya drone ini menggunakan penggerak motor listrik, sehingga suaranya lebih halus dan elemen lainnya dapat dengan cepat diganti di lapangan.

Baca Juga: Pangkostrad: Gugurnya Serka Robertus Simbolon Demi Tegaknya NKRI

Selanjutnya drone ini dapat menerangi targetnya dengan sinar laser untuk mengarahkan senjata presisi tinggi ke target serta mampu mendarat baik di permukaan bumi maupun di atas air.

Untuk jangkauannya mencapai 60 km dan mampu bertahan di udara selama 3,5 jam dalam kondisi cuaca -29C hingga +49C.

Sementara untuk ketinggian terbang maksimumnya mencapai 3 km. Puma tetap bisa terbang dalam keadaan hujan deras sekalipun. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER