Sabtu, 25 Mei 2024

Mantan Danjen Kopassus ke-6 Jenderal TNI (Purn) Widjojo Soejono Wafat

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Darat telah berduka atas berpulangnya Mantan Danjen Kopassus, Jenderal TNI (Purn) Widjojo Soejono di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/5) pukul 04:43 WIB.

Kabar duka tersebut dibenarkan oleh Kepala Pusat Penerangan (Puspen TNI) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Prantara Santosa dalam keterangan resminya.

“Telah meninggal dunia Jenderal (Purn) Widjojo Soejono dalam usia 94 tahun pada hari Rabu, 11 Mei 2022 pukul 04.43 WIB di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto karena sakit,” kata Prantara dalam keterangan resmi, Rabu (11/05)

Selain itu, Prantara juga menyampaikan bahwa jenazah almarhum mantan Danjen Kopassus ke-6 tersebut akan disemayamkan di rumah duka Jalan Karang Asem 1 No. 4-6 RT 008 RW 002 Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

“Rencananya Jenderal (Purn) Widjojo Soejono akan dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata Jakarta Selatan pada Hari Rabu tanggal 11 Mei 2022 Pukul 13.30 WIB,” jelasnya.

Sebelumnya, Mantan Danjen Kopassus tersebut sempat menjalani perawatan di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto karena sakit dan almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada pukul 14.00 WIB, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan bertindak sebagai Inspektur upacara pada acara pemakaman.

Seperti diketahui, Jenderal (Purn) Widjojo Soejono lahir di Tulungagung, Jawa Timur pada 9 Mei 1928. Widjojo menikah dengan wanita bernama Siti Mastoechajah dan dikaruniai lima orang anak yaitu Enny Lukitaning Diah, Wedhia Purwaningsih, Ariyati Sihwarini, Hardini Surjaningsih dan Budhi Soejono.

Selain itu, karier militernya cukup cemerlang ia pernah mengemban beberapa jabatan strategis di Angkatan Darat. Beberapa di antaranya seperti Panglima Kodam XIII/Merdeka di Sulawesi Utara (1970-1971), Panglima Kodam VIII/Brawijaya (1971-1975), Panglima Kowilhan (Komando Wilayah Pertahanan) III meliputi Sulawesi dan Kalimantan (1975-1978) dan Jabatan Panglima Kowilhan II meliputi Jawa, Nusa Tenggara, dan Timor Timur (1978-1980). Terakhir menjabat sebagai Kepala Staf Kopkamtib (1980-1982).

Jenderal (Purn) Widjojo Soejono juga pernah mendapat beberapa tanda jasa yang antara lain: Bintang Gerilya, Yudha Dharma Nararya Pratama, Kartika Eka Paksi Nararya Pratama, Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV. (ADT)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER