Senin, 15 April 2024

Makin Panas! NATO Gelar Latihan Militer di Perbatasan Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menggelar latihan militer besar-besaran di perbatasan Rusia, Estonia sejak Senin (16/5) hingga 3 Juni 2022 mendatang.

Dilansir dari BBC, Rabu (18/5) latihan ini disebut dengan Headgehog 2022. Latihan tersebut melibatkan 10 negara termasuk Finlandia dan Swedia yang akan bergabung dengan NATO serta latihan ini direncanakan sebelum invasi Rusia ke Ukraina

Sementara itu, NATO juga menjelaskan tujuan digelarnya latihan militer ini untuk meningkatkan kesiapan dan interoperabilitas atau kemampuan dari dua atau lebih sistem atau komponen untuk berbagi data/informasi oleh pasukannya.

Sebanyak 15.000 tentara terlibat dalam latihan di Estonia, menjadikannya sebagai salah satu latihan militer terbesar yang diadakan di negara itu sejak 1991.

Latihan ini berlangsung 64km atau 40 mil dari pangkalan militer terdekat Rusia. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah serangan dari Rusia ke Estonia.

Seperti diketahui, Finlandia dan Swedia telah meminta untuk bergabung dengan aliansi NATO.

Swedia pun tetap bersikap netral dalam menanggapi perang dunia kedua dan selama lebih dari dua abad telah menghindari bergabung dengan aliansi militer manapun.

Disisi lain, Finlandia juga sudah membagi perbatasan wilayahnya sepanjang 1.300 km atau 810 mil dengan Rusia. (ADT)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER