Sabtu, 25 Mei 2024

Latma Carat TNI AL-US Navy Masuk Tahap Force Integration

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Latihan bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness and Training (Carat) 2022 antara TNI AL dengan US Navy dan US Marine Corps memasuki tahap kedua latihan, yakni force integration di Surabaya, Senin (12/12).

Dikutip dari keterangan Dispenal, Selasa (13/12), tiap working group akan menyinkronkan jadwal kegiatan untuk meningkatkan kerja sama taktis antar unsur dan satuan yang akan beroperasi. Tahapan dan materi latihan meliputi briefing, maupun koordinasi antarunsur agar dapat dipantau oleh pusat komando dan kendali.

Fase kedua dalam latma Carat 2022 ini mencakup aplikasi praktis dari teori dan diskusi yang dilaksanakan serta mendirikan pusat komando dan kendali bersama.

Latma Carat TNI AL-US Navy Masuk Tahap Force Integration
(Dok. Dispenal)

Kemudian, pada tahap ketiga nanti, pusat komando dan kendali bersama akan mengendalikan operasi laut, dilanjutkan dengan pendaratan pasukan di pantai Banongan Situbondo oleh pasukan TNI AL, US Navy dan US Marine Corps.

Baca: Kopaska Koarmada II dan USMC MSOT Latihan Menembak Empat Jenis Pistol

Sebelumnya, latma Carat 2022 dilaksanakan dari 7-21 Desember. TNI AL mengerahkan unsur kapal perang KRI RE Martadinata-331, KRI Abdul Halim Perdakusuma-355, KRI Diponegoro-365, KRI Teluk Palu-523, KRI Surabaya-591 dan KRI Singa-651.

Sedangkan dukungan Amerika Serikat (AS) untuk operasi amfibi ini meliputi USS Makin Island (LHD-8) dan amphibious transport dock USS Anchorage yang dilengkapi dengan unit ekspedisi marinir (Marine Expeditionary Unit) ke-13. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER