Kamis, 13 Juni 2024

Latihan Cakra A 2024: Uji Kemampuan dan Kesiapsiagaan Unsur Hanud TNI AU di Jajaran Kosek IKN

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Unsur pertahanan udara (hanud) TNI Angkatan Udara (TNI AU) di jajaran Komando Sektor (Kosek) IKN mengikuti Latihan Cakra A tahun anggaran 2024.

Latihan tersebut dibuka secara resmi oleh Komandan Kosek IKN Marsma TNI Abdul Haris secara luring dan daring pada Senin (10/6), dengan dihadiri oleh para asisten dan pejabat Kosek IKN; para Komandan Satuan Radar (Satrad); Komandan Satrudal jajaran Kosek IKN; Skadron Udara 2; serta perwakilan Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Sebanyak 33 Prajurit TNI AD Dikirim ke Pulau Enggano, Ini Misinya

Melansir keterangan TNI AU dalam laman resminya, Selasa (11/6) dijelaskan, Latihan Cakra merupakan bagian dari program tahunan yang bertujuan untuk memelihara, meningkatkan, dan menguji kemampuan serta kesiapsiagaan unsur hanud TNI AU di jajaran Kosek IKN dalam menjaga kedaulatan wilayah udara nasional Indonesia.

Selain itu, Komandan Kosek IKN mengatakan, latihan ini menjadi bagian penting dari upaya Kosek IKN dalam melaksanakan pembinaan dan kesiapan satuan serta personel. Harapannya, para personel dapat semakin profesional dalam menghadapi berbagai tantangan tugas di masa depan.

Ia juga berpesan agar para peserta latihan dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik sehingga tujuan latihan dapat tercapai.

Baca Juga: DPR RI dan Singapura Bahas Perkembangan Perjanjian Kerja Sama Pertahanan

“Mekanisme latihan harus dilaksanakan secara baik agar kita dapat mengenali dan mengembangkan hal-hal baru yang ditemukan di lapangan sehingga latihan yang kita lakukan saat ini semakin meningkat dari sebelumnya serta berdampak besar terhadap peningkatan profesionalisme kita dalam menjaga kedaulatan negara”, tambah Marsma TNI Abdul Haris dalam sambutannya.

“Utamakan keselamatan terbang dan kerja untuk mencapai zero accident yang menjadi prioritas TNI AU dalam setiap pelaksanaan tugas,” pungkas dia. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER