Senin, 15 April 2024

Latgabma Malindo Ditutup, Sukses Tingkatkan Kerja Sama Militer TNI-ATM

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Irvansyah, resmi menutup latihan gabungan bersama (latgabma) Malindo Darsasa-11AB/2023 di Pahang, Malaysia, Minggu (19/3).

Irvansyah didampingi oleh Panglima Angkatan Bersama YBhg Leftenan Jeneral Dato’ Noor Mohamad Akmar bin Mohd Dom TUDM dan diikuti sebanyak 610 personel militer yang terdiri dari 149 TNI dan 461 personel Angkatan Tentera Malaysia (ATM).

Baca Juga: KSAD Terima Gelar Kesultanan Bangkalan Madura

Irvansyah menyampaikan, latgabma Malindo dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah kedua negara yang berdampak positif terhadap hubungan bilateral Indonesia-Malaysia, untuk meningkatkan kemampuan penanggulangan terorisme masing-masing negara.

Malindo
Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Irvansyah didampingi Panglima Angkatan Bersama YBhg Leftenan Jeneral Dato’ Noor Mohamad Akmar bin Mohd Dom TUDM.(Foto: Dok. Puspen TNI)

“Latihan ini juga memiliki dampak deterrence bagi kelompok terorisme yang masih ada di sekitar wilayah kita”, ujar Irvansyah dikutip dari keterangan Puspen TNI, Senin (20/3).

Sementara itu, Dato’ Noor mengatakan terlaksananya latgabma Malindo, prajurit kedua negara bisa bekerja sama secara pengetahuan dan kemampuan dalam aspek operasi menangani terorisme, selaras dengan Protap 16 dan 18 Malindo yang menjurus kepada pencapaian objektif eksesais.

Baca Juga: Profil Mayjen Mohamad Hasan, Eks Danjen Kopassus yang Jabat Pangdam Jaya

Malindo
Prajurit pasukan elite Denjaka TNI AL ikut serta dalam latgabma Malindo Darsasa-11AB/2023. (Foto: Dok. Puspen TNI)

“Para prajurit juga bersungguh-sungguh berlatih untuk meningkatkan lagi kemampuan pelaksanaan operasi bersama serta menjalin silaturahmi antar-individu”, kata dia.

Sebelumnya, ratusan prajurit pasukan elite TNI ikut serta dalam latgabma Malindo Darsasa, terdiri dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), dan Detasemen Jalamangkara (Denjaka). (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER