Kamis, 13 Juni 2024

Kunjungan Kerja ke Italia, KSAL Kunjungi Kapal Induk ITS Giuseppe Garibaldi

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali berkesempatan mengunjungi kapal induk Italia, ITS Giuseppe Garibaldi yang tengah melaksanakan latihan, pada pekan lalu.

Kedatangan Ali tersebut disambut langsung oleh Wakil Kepala Angkatan Laut Italia Laksamana Giuseppe Berutti Bergotto. Keduanya membahas berbagai kerja sama terkait pertahanan matra laut.

“Kunjungan ke Italia ini merupakan bentuk komitmen TNI AL untuk mempererat hubungan dengan angkatan laut negara sahabat sekaligus sebagai bentuk naval diplomacy,” ujar Ali, dikutip dari keterangan Dispenal di Jakarta, Rabu (29/5).

Baca Juga: TNI AL Undang Korut dan Korsel Ikut Latihan MNEK 2025

Selain itu, menurut Ali pembangunan kekuatan matra laut merupakan salah satu prioritas yang mutlak dan harus diwujudkan. Hal ini menjadi bagian integral dari pertahanan nasional Indonesia.

“Berdasarkan pernyataan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dari pertemuan kami beberapa waktu lalu, beliau menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kemampuan operasional dan pertahanan laut Indonesia dalam menghadapi dinamika keamanan maritim di wilayah perairan Indonesia,” kata Ali.

Baca Juga: KSAL Tinjau Fasilitas Produksi Helikopter Anti-Kapal Selam di Italia, Lirik AW159?

Adapun ITS Giuseppe Garibaldi adalah kapal induk dengan dek penerbangan pertama yang pernah dibangun untuk Angkatan Laut Italia. Kapal ini dibangun untuk mengoperasikan pesawat sayap tetap (fix wing).

Kapal induk yang mulai dioperasionalkan oleh Angkatan Laut Italia pada 1985 in, memliki memiliki panjang 180,2 meter, dengan kecepatan 30 Knot serta daya jangkau hingga 7.000 mil laut atau sekitar 13.000 km. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER