Jumat, 14 Juni 2024

KSAU Tinjau Latma Cope West 2022 TNI AU-US PACAF

BACA JUGA

Jakarta,IDM – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyaksikan langsung tiga pesawat C-130 Hercules milik TNI AU – US PACAF melaksanakan airdrop malam dalam Latihan Bersama (Latma) Cope West 2022, yang digelar di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Kamis (23/6).

Dua pesawat C-130H Skadron Udara 32 Lanud ABdulrachman Saleh dan satu C-130J US PACAF terlebih dahulu melakukan terbang formasi di military training area Lanud Abd Saleh sebelum melakukan airdrop.

(Dok Dispenau)

“Airdrop pertama dilakukan oleh C-130J US PACAF, dengan call sign “Kanto 92 flight”. Pilot In Command (PIC) Capt Venkataraman dari Skadron 36 Pangkalan Yokota Jepang, melakukan single past dan menerjunkan dua CDS dengan metode Hight Velocity Container Delivery System (HVCDS). Dari ketinggian 300 feets, kecepatan 150 knots, dan didukung Night Vision Goggles (NVG), kedua CDS berhasil mendarat tepat di DZ Bringin,” tulis Dispenau dalam keterangan tertulisnya.

Kemudian airdrop logistik dengan metode Low Velocity CDS (LVCDS) dilakukan oleh dua C-130H TNI AU dengan call sign ” Herky one flight” dengan PIC Letkol Pnb Dodik Supriyanto dan “Herky two flight” dengan PIC Mayor Pnb Ebor Subarkah, dari Skadron Udara 32.

(Dok Dispenau)

Saat melakukan peninjauan, KSAU mengungkapkan apresiasinya atas pelaksanaan Latma TNI AU – US PACAF “Cope West Mobility Air Force 2022”. Latma dengan motto “Stronger Together” ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu Safety as Priority, Enhance Professionalism dan Strengthen Friendships.

Pada pelaksanaan tahun ini, 70 personel US PACAF, 90 personel TNI AU, dan empat pesawat C-130 Hercules TNI AU – US PACAF dikerahkan. Keempat pesawat terdiri dari -130H dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh. Sementara dua C-130J US PACAF berasal dari Skadron 36 dari Pangkalan Yokota, Jepang. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER