Selasa, 27 Februari 2024

KSAU : Monumen Kalipepe Kenang Pengabdian dan Perjuangan Alumni AAU ‘65

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pengabdian TNI Angkatan Udara (TNI AU) untuk tanah air memiliki sejarah panjang. Sebagai pengawal dirgantara Indonesia, pengabdian itu juga diwarnai dengan “tinta emas” perjuangan para perwira Alumni Angkatan Udara (AAU) tahun 1965 yang dikenal dengan sebutan Cadet Kalipepe 65.

Untuk mengenang pengabdian tersebut, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresemikan Monumen Kalipepe di Lanud Adi Soemarmo, Solo, Kamis (1/12). Marsekal TNI (Purn.) Rilo Pambudi yang pernah menjabat sebagai KSAU ke-11 turut hadir dalam acara tersebut.

“Para senior keluarga besar Kalipepe membangun sejarah pengabdian Alumni AAU 1965 melalui peresmian Monumen Kalipepe ini untuk mengenang kembali masa-masa bersejarah dahulu sebagaimana tunas perwira,” ungkap Fadjar seperti dikutip dari keterangan Dispenau.

Monumen Kalipepe Kenang Pengabdian dan Perjuangan Alumni AAU ‘65
(Dok. Dispenau)

KSAU berharap pembangunan monumen ini sekaligus dapat menjadi motivasi bagi generasi penerus atas prestasi dan sumbangsih yang telah didarma baktikan para senior TNI AU, khususnya keluarga besar Kalipepe.

Usai meresmikan Monumen Kalipepe, Fadjar berkesempatan meninjau fasilitas test center yang berada di Lanud Adi Soemarmo. Fasilitas ini berfungsi untuk seleksi tingkat pusat pendidikan Taruna/Taruni AAU, Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa), Sekolah Pertama Bintara (Semaba) Prajurit Karier (PK), Sekolah Pertama Tamtama (Semata) PK, dan Sekolah Lanjutan Pembentukan Bintara (Setukba).

Baca: KSAU Hadiri Peringatan HUT ke-66 PIA Ardhya Garini

Gedung test center juga digunakan untuk mengakomodir tugas dukungan pelaksanaan seleksi pendidikan dan seleksi tingkat pusat penerimaan calon prajurit TNI Angkatan Udara. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER