Sabtu, 25 Mei 2024

KSAL Pantau Kondisi Laut Natuna Utara dari IKN Nusantara, Balikpapan

BACA JUGA

Jakarta, IDM Kemajuan teknologi informasi saat ini berdampak dengan pola pengendalian dan komunikasi. Misalnya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, bisa mengetahui langsung situasi daerah operasi di Laut Natuna Utara.

Komunikasi tak hanya dalam bentuk audio, namun bisa dilihat dengan video dalam real time. Di tengah kunjungan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Balikpapan, Kamis (30/6) lalu, Yudo melakukan video call dengan salah satu unsur KRI yang berugas patroli di Laut Natuna Utara, yaitu KRI Sutedi Senoputra-378.

Panggilan video langsung terhubung kepada Komandan KRI Sutedi Senoputra-378 Letkol Laut (P) Tony Priyo Utomo, untuk mengetahui kondisi KRI yang tengah melaksanakan tugas operasi. Tony melaporkan, dalam beberapa hari ini melakukan hailing beberapa kapal niaga dan pemerintah asing yang melintas di perairan yuridiksi nasional.

“Situasi cuaca mulai ada peningkatan tinggi gelombang maupun kecepatan angin”, jawabnya kepada Yudo, dikutip dari keterangan Dispenal, Senin (4/7).

Yudo menambahkan, TNI AL terus membangun kekuatan, baik infrastruktur maupun sistem komunikasi dan informasinya di tengah zaman serba cepat, untuk mendukung tugas operasi. Contoh, adanya kemajuan teknologi mengubah pola berkomunikasi unsur patroli KRI di laut yang dahulunya, para awak harus ke ruang komunikasi (ruang radio), menggunakan jalur taktis.

“Namun, ada pembatasan yang memiliki akses komunikasi tersebut hanya KSAL, Panglima Koarmada dan Danguspurla,” pungkas Yudo. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER