Sabtu, 2 Maret 2024

KSAL Dapat Gelar Dato Panglima Laksamana Diraja dari Kesultanan Deli

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Deli oleh Sultan Deli ke XIV Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Lamanjiji Perkasa Alam, Medan, Senin (16/10).

Dikutip dari keterangan Instagram @tni_angkatan_darat, Selasa (17/10), didampingi Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan, Ali mendapatkan gelar Dato Panglima Laksamana Diraja.

Pengukuhan gelar kehormatan adat ini diberikan atas keberhasilan Ali yang saat ini memimpin TNI AL dalam menjaga keamanan serta kedaulatan laut Indonesia.

Baca Juga: Uji Coba Operasional Bom TAG 82, Wakil KSAU Tekankan Pentingnya Kemandirian Industri Senjata Udara

Ali yang menerima gelar kehormatan Kesultanan Deli ini mengaku sangat terhormat, karena Kesultanan Deli adalah salah satu entitas yang begitu masyur sebagai pelaku utama dalam sejarah kejayaan maritim nusantara.

“Lokasinya yang strategis dan berhadapan langsung dengan Selat Malaka, menjadikan Deli sebagai entitas penting yang selama berabad- abad,” ujar Ali.

“Deli menjadi salah satu pusat perkembangan ekonomi dan peradaban ekomoni maritim dari nilai-nilai terdahulu yang begitu pesat,” imbuhnya.

Ali menambahkan, penganugerahan gelar ini memberikan konsekuensi untuk menjaga marwah dan kehormatan adat melayu serta meningkatkan keamanan wilayah perairan, sekaligus berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: KSAD Dianugerahi Darjah Kehormatan Panglima Gagah Angkatan Tentera dari Kerajaan Malaysia

“Upaya tersebut dilaksanakan melalui pembangunan sektor kelautan secara sinergi bersama jajaran kesultanan dan pemda,” kata Ali.

Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Lamanjiji Perkasa Alam mengatakan, pemberian ini merupakan secara institusi, dalam arti siapa pun nanti KSAL secara otomatis akan diberi gelar tersebut, karena beliau merupakan Panglima Laksamana Laut.

“Jadi, pemberian ini dinamakan Panglima Laksmana Diraja, beliau menjadi bagian dari masyarakat Melayu yang berjuang menjaga keamanan NKRI di wilayah kelautan,” tuturnya. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER