Selasa, 21 Mei 2024

KSAL Bahas Sejumlah Kerja Sama dengan Angkatan Laut Belanda

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bertemu Commander of Royal Netherlands Navy (RNLN) Vice Admiral Rene Tas, membahas kemungkinan partisipasi RNLN pada latihan ‘Multi Naval Exercise Komodo’ 2023, sekaligus menghadiri ‘International Maritime Security Symposium’ (IMSS) 2023.

Dikutip dari laman TNI AL, Senin (17/10), pertemuan resmi kedua angkatan laut tersebut diselenggarakan di Amsterdam, Kamis (13/10), dalam rangka memenuhi undangan dari RNLN untuk meningkatkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Belanda.

Pembahasan lain tentang rencana latihan bersama, baik setingkat Passex antar kapal maupun keterlibatan personel TNI AL selaku observer dalam latihan yang diadakan RNLN. Kemudian, juga dibahas perkembangan pengetahuan dan teknologi. Kedua angkatan laut menilai perlunya pembangunan kapasitas melalui berbagi Iptek yang didukung industri pertahanan.

Peningkatan kerja sama lainnya adalah antara Korps Marinir TNI AL dan RNLN dengan terus memperkuat hubungan kerja sama antar personel melalui interaksi, dimulai dari tingkat taruna dan perwira muda TNI AL dan RNLN. Kedua pimpinan tertinggi angkatan laut berharap kerja sama kedua negara, khususnya dalam bidang angkatan laut dapat terus ditingkatkan.

Sebelumnya, dalam lawatan ke luar negeri Yudo juga meresmikan dua kapal jenis Mine Counter Measure Vessel (MCMV), yakni kapal perang jenis buru atau penyapu ranjau yang di beri nama KRI Pulau Fani dan KRI Pulau Fanildo di galangan Abeking & Rasmussen, Jerman, Selasa (11/10) lalu. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER