Kamis, 28 September 2023

KSAD: Para Dansat Harus Pahami Taktik, Aktor dan Alutsista Perang Konvensional dan Siber

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meminta semua Komandan Satuan (Dansat) TNI AD harus memiliki pemahaman mendalam tentang taktik, strategi, aktor dan persenjataan/alutsista yang digunakan dalam tiap generasi perang, mulai dari perang yang konvensional hingga perang terkini yang melibatkan siber.

Hal ini dikatakannya saat memimpin Apel Komandan Satuan (AKS) Tahun 2023, di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Kamis (9/3).

Baca Juga: Pererat Persahabatan, Para Perwira Muda AL ASEAN Kunjungi Bhumi Marinir Karangpilang

“Acara ini digelar guna menyamakan persepsi para Komandan Satuan (Dansat) terhadap visi, misi, serta Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) di jajarannya, khususnya dalam menghadapi perubahan dan ketidakpastian perkembangan lingkungan belakangan ini,” kata KSAD.

Lanjutnya bahwa kepemimpinan militer harus memahami ilmu dan sejarah perang, termasuk fase-fase perkembangannya.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman (Foto: Dok. Dispenad)

“Setiap perubahan dan ketidakpastian dalam perang membutuhkan keputusan pemimpin militer dalam melihat dan menganalisa cara bertindak yang terbaik untuk mencapai tujuan (memenangkan perang). Untuk itu, pemimpin harus adaptif dalam menghadapi tantangan tugas, baik dalam kondisi perang maupun damai,” kata KSAD.

Ia pun berharap para Dansat untuk aware terhadap perubahan generasi, media informasi dan gaya hidup saat ini.

Baca Juga: Kizi TNI Ciptakan Kontruksi Sistem Pertahanan Kamp dan Jadi Percontohan di Afrika

“Perbedaan generasi antara penyusun kebijakan, pelaksana, dan objek dari kepemimpinan harus diantisipasi, termasuk perubahan media informasi dan gaya hidup saat ini. Artinya harus ada penyesuaian dalam kehidupan prajurit dan keluarganya di satuan. Hindari gaya hidup yang bermewah-mewahan, dan didik keluarga untuk hidup sederhana, mengedepankan toleransi dan empati kepada sesama,” kata KSAD.

Kegiatan ini mengusung tema “Melalui Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD TA. 2023 Kita Tingkatkan Kemampuan Dansat Guna Mewujudkan TNI AD Patriot NKRI Yang Profesional Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Nasional” dihadiri 731 peserta terdiri dari para Pangkotama/Kabalakpus, Komandan Detasemen, hingga para Dansat yang sedang melaksanakan tugas operasi. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka maupun daring. (rr)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER