Senin, 15 April 2024

KRI Sultan Iskandar Muda Bersama AL Singapura Tenggelamkan Kapal Permukaan Musuh di Laut Natuna

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan KRI Halasan-630 bersama kapal perang Angkatan Laut Singapura RSS Vigour-92 dan RSS Interpid-69, menembak sasaran permukaan (Gunex) di Perairan Natuna, Senin (28/7).

Kegiatan peran tempur bahaya permukaan laut itu bertujuan menghadapi kapal permukaan musuh yang disinyalir menggagalkan jalannya latihan bersama. Killer Tomato yang disimulasikan sebagai kapal musuh, dijadikan sasaran tembak dengan jarak 3 mil.

Baca Juga: Dari Tamtama hingga Perwira, Puluhan Personel TNI AU Ikuti Penataran Kemiliteran Tahun 2023

Satu persatu dimulai dari KRI Sultan Iskandar Muda-367, RSS Interpid-69 KRI, RSS Vigour-92, dan KRI Halasan-630 membombardir sasaran menggunakan peluru tajam meriam 76 mm dan 57 mm hingga kapal musuh berhasil ditenggelamkan.

Latihan dilanjutkan deteksi sasaran bawah air menggunakan APV-RT dari KRI Halasan-630, dan membuat jajaran formasi Photoex, didukung helikopter Panther, satu pesawat MPA CN-235 (Indonesia) dan satu MPA 121-SQ (Singapura).

Komandan KRI Sultan Iskandar Muda-367 Letkol Laut (P) M Fuad Hasan, menyampaikan latihan tersebut adalah skenario peperangan pada serial Eagle Indopura 2023.

Baca Juga: Persiapan SGS 2023, Prajurit Yonif 3 Marinir Zeroing Senjata SS2 V4

“Latihan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan profesionalisme dan menjaga naluri tempur prajurit KRI Sultan Iskandar Mudaa-367 dan KRI Halasan-630,” ujarnya dikutip dari laman TNI AL, Rabu (30/8).

“Sehingga dapat menunjukkan performance terbaiknya pada latihan bersama dengan prajurit Angkatan Laut Singapura,” tambahnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER