KRI Nagapasa-403 Kini Punya Kemampuan Torpedo Countermeasure System

BACA JUGA

Surabaya, IDM Kapal selam TNI AL KRI Nagapasa-403 kini memiliki Torpedo Countermeasure System (TCMS) yang berkemampuan menembakkan amunisi jenis Mobile Acoustic Jammer (MAJ) dan Mobile Acoustic Decoy (MAD).

Kepala Dinas Senjata dan Elektronika TNI AL (Kadissenlekal) Laksamana Pertama TNI Teguh Prasetyo, menjelaskan pemasangan TCMS pada armada tempur bawah laut tersebut sebagai sarana pertahanan diri dalam menghadapi serangan torpedo lawan.

“Hal itu dilakukan karena kapal selam adalah salah satu alutsista (alat utama sistem persenjataan) TNI AL yang bernilai strategis dan memiliki efek deteren yang tinggi,” kata Teguh, dikutip dari keterangan Dispenal, Minggu (21/8).

Teguh meninjau langsung peningkatan teknologi modern KRI Nagapasa-403 di fasilitas latihan Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (19/8) lalu, untuk mengetahui kemajuan secara konkret pemasangan TCMS di KRI Nagapasa-403 dan memitigasi segala potensi permasalahan yang mungkin dihadapi dalam proses pemasangan.

Peningkatan kemampuan KRI Nagapasa-403 juga sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono untuk memodernisasi KRI, pesawat udara dan material tempur yang siap dioperasikan.

Sebelumnya, KRI Nagapasa-403 adalah hasil kerja sama pemerintah dengan Korea Selatan. Kapal perang ini memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan 21 knot di bawah air. Kapal selam ini mampu berlayar lebih dari 50 hari dan menampung 40 kru untuk menunjang fungsi. (at)

EDISI TERBARU

sidebar

BERITA TERBARU

POPULER