Jumat, 19 April 2024

Korut Sebut PBB Berpihak Pada AS

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Choe Son Hui menganggap PBB berpihak pada Amerika Serikat (AS) setelah turut bergabung dengan posisi AS yang mengecam uji coba rudal balistik antarberunia Korut baru-baru ini. Menurut Choe, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mengabaikan Tujuan dan Prinsip Piagam PBB yaitu menjaga ketidakberpihakan dan objektivitas.

Dilansir dari Mfa.gov.kp, sebuah laman Kemlu Korut, Senin (21/11), Choe mengatakan bahwa uji coba rudal yang dilakukan Korut merupakan bagian dari hak untuk membela diri terhadap ancaman militer. Choe menganggap AS telah melakukan serangkaian tindakan provokatif dengan sekutu yang melibatkan aset strategis nuklir dengan terus unjuk kekuatan di wilayah Semenanjung Korea. Sehingga, Choe kecewa dengan pernyataan Guterres yang menganggap Korut lah pemicu ketidakstabilan perdamaian karena uji coba rudalnya.

“Saya sering berpikir bahwa Sekjen PBB adalah anggota Gedung Putih atau Deplu AS. Saya sangat menyesalkan kenyataan bahwa Sekjen PBB telah mengambil sikap yang sangat tercela, mengabaikan Tujuan dan Prinsip Piagam PBB dan misi yang melekat padanya yaitu untuk menjaga ketidakberpihakan, objektivitas dan kesetaraan dalam segala hal,” ujar Choe.

Baca: Tingkatkan Interoperabilitas, AS dan Indonesia Gelar Latma Keris Marex

Choe menegaskan pada negara-negara anggota PBB, khususnya Dewan Keamanan PBB agar AS menghentikan tindakan militernya yang menjadi akar permasalahan terkait perdamaian dan stabilitas regional.

“Saya mengingatkan bahwa Korut mengawasi pergerakan AS dan DK PBB dengan mempertimbangkan tindakan balasan yang jelas,” ujar Choe. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER