Minggu, 14 April 2024

Kolaborasi TNI AU-BRIN Dukung Kesuksesan Pembukaan Piala Dunia U-17

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kesuksesan acara pembukaan Piala Dunia U-17 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11), tidak terlepas dari kolaborasi TNI Angkatan Udara (TNI AU) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kolaborasi itu terkait dengan pengendalian cuaca di Stadion Gelora Bung Tomo dan sekitarnya dengan melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Misi kali ini dipimpin oleh Komandan Satgas TMC, Kolonel Pnb Andi Nur Abadi. Ia mengungkap, TMC digelar untuk memperlancar jalannya acara pembukaan FIFA World Cup (Piala Dunia) U-17.

Baca Juga: TNI AL Akan Buka Posko Bantuan untuk Palestina di Seluruh Komando Utama

Dalam operasi TMC tersebut, TNI AU dilaporkan mengerahkan satu unit pesawat Casa-212 dengan tail number A-2107 yang sehari-hari dioperasionalkan oleh Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

“Pesawat Casa-212 TNI AU yang diterbangkan oleh Kapten Pnb Baskoro, Lettu Pnb Yusuf, dan Letda Pnb Tsalis melaksanakan TMC selama dua hari di wilayah Jawa Timur mulai tanggal 9 hingga 10 November 2023,” tulis TNI AU.

Baca Juga: Resmi, Komis I Setujui Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Selama melaksanakan TMC, para personel yang terlibat akan melakukan pengamatan cuaca dan pertumbuhan awan yang berpotensi menjadi hujan.

Awan-awan yang berpotensi menghasilkan hujan dan diperkirakan mengarah ke lokasi acara pembukaan FIFA Word Cup U-17 kemudian disemai menggunakan NACl sebelum mencapai lokasi melalui operasi TMC ini. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER