Rabu, 12 Juni 2024

Koarmada III Gelar Uji Glagaspur di 3 Lanal Wilayah Timur

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sejumlah Pangkalan TNI AL (Lanal) di wilayah kerja Koarmada III melaksanakan uji gladi tugas tempur (Glagaspur) P1 dan P2 2024, yaitu Lanal Ternate, Lanal Morotai, dan Lanal Timika.

Latihan uji Glagaspur yang digelar oleh Komando Latihan (Kolat) Koarmada III tersebut dipimpin oleh Kolonel Laut (P) A Muharam dan resmi dibuka di Sorong, Papua Barat Daya, Selasa (11/6).

Adapun materi penilaian dalam Glagaspur P1 dan P2 ini meliputi pemeriksaan software dan hardware, hji Tulis, PHH (Dakhura), pertahanan pangkalan, dan drill peran-peran, seperti tempur bahaya umum dan udara, evakuasi medis di darat, sabotase atau antu-teror, dan peran penyelamatan kapal.

Baca Juga: Latihan Cakra A 2024: Uji Kemampuan dan Kesiapsiagaan Unsur Hanud TNI AU di Jajaran Kosek IKN

“Serta penilaian renang militer, menembak laras pendek dan panjang, diakhiri dengan evaluasi dan kaji ulang,” jelas Muharam, dikutip dari keterangan Dispen Koarmada III.

Pada kesempatan tersebut, Muharam juga menyampaikan pelaksanaan uji Glagaspur P1 dan P2  di ketiga Lanal merupakan perintah Pangkoarmada III Laksamana Muda Hersan untuk pembangunan sumber daya manusia TNI AL yang unggul.

“Serta merupakan penyelarasan doktrin, operasi latihan, dan sistem pelatihan yang fleksibel serta adaptif terhadap dinamika situasi terkini,” ujarnya.

Baca Juga: Danpasmar 2 Periksa Kesiapan Satgas Marinir Penjaga Pulau Terluar dan Ambalat

Ia melanjutkan, uji Glagaspur bertujuan melatih keterpaduan komando, kendali, dan komunikasi antarpersonsl serta kerja sama taktis di lapangan.

“Kemudian, meningkatkan keterampilan perorangan maupun kelompok dalam satu satuan tugas sehingga diharapkan tercapai kemampuan personel dalam mengawaki pangkalan dan dapat mendukung tugas-tugas operasi,” pungkasnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER