Selasa, 28 Mei 2024

Keren, Kodam III/Slw Ciptakan Simulasi Tempur Gladi Model Remot Kontrol

BACA JUGA

Bandung, IDM – Lagi, inovasi diciptakan Kodam III/Siliwangi (Slw) yaitu simulasi tempur gladi model remot kontrol. Inovasi tersebut langsung diujicobakan Rindam III/Slw saat pelatihan prajurit di Markas Rindam III/Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat, Jum’at (24/3).

Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Lukman Hakim menyampaikan Lapangan Simulasi Tempur Remot Kontrol adalah ide Pangdam III/Slw yang ditempatkan di Rindam III/Slw merupakan salah satu media untuk melatih prajurit dalam melaksanakan gladi model dengan menggunakan sarana Alin dan Alongin remot kontrol.

Baca Juga: Kembali Berulah, KKB Tembak Dua Anggota TNI-Polri Saat Amankan Salat Tarawih

“Sebelum kita melaksanakan latihan dengan pasukan, baik latihan tingkat Kompi maupun latihan siap operasi, kita akan melatihkan prajurit-prajurit kita di lapangan simulasi remot kontrol ini dengan menggunakan metode Gladi Model atau Tactical Floor Game (TFG). Namun diaplikasikan dengan penerapan remot kontrol maupun inovasi lain yang sudah kita terapkan, diantaranya BMS dan MT55 untuk memantau semua pergerakan yang dilaksanakan prajurit di lapangan,” terang Danrindam.

Kodam III/Siliwangi
(Foto: Penerangan Kodam III/Siliwangi)

Kegiatan simulasi tersebut sudah terintegrasi dengan seluruh kecabangan dengan medan yang akan disimulasikan. Topografi mendukung dengan membuat peta simulasi atau peta hipotesis yang nantinya bisa dimasukan ke dalam aplikasi BMS.

“Saat ini kita demontrasikan latihan gladi model dengan menggunakan remot kontrol pada operasi serangan. Nantinya medan simulasi ini akan di sesuaikan dengan kebutuhan latihan, seperti latihan penanggulangan bencana alam serta latihan pertempuran kota,” jelas Danrindam.

Baca Juga: Fregat Siluman La Fayette Prancis Singgah di Jakarta

Kegiatan ini dilihat langsung oleh Letjen TNI Purn Putranto mantan Dankodiklatad dan Dirdok Kodiklatad Brigjen TNI Agustinus Purboyo sehingga diharapkan menjadi motivasi buat Dansat untuk bisa melatihkan prajuritnya melalui inovasi dan improvisasi. Harapannya dari latihan yang dilaksanakan dapat menunjang keberhasilan tugas pokok satuan maupun tugas pokok Kodam.

Pada kesempatan itu Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menyampaikan bahwa Kodam III/Siliwangi membangun kemampuan prajuritnya dari simulasi-simulasi menjadi wujud yang sesungguhnya. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER