Senin, 15 April 2024

Jelang Sea Phase MNEK 2023, Angkatan Laut 36 Negara Ikuti Tactical Floor Game

BACA JUGA

Makassar, IDM – TNI AL bersama 35 delegasi negara peserta Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 melaksanakan tactical floor game (TFG) untuk manuver Sea Phase, Kamis (8/6) besok.

Dalam kesempatan tersebut, para perwakilan dari unsur kapal perang, pesawat udara serta helikopter dari TNI AL dan para angkatan laut negara lainnya memaparkan presentasi dan saling bertukar pengetahuan untuk persiapan latihan.

Nantinya, para prajurit angkatan laut melakukan tujuh sekuens dalam Sea Phase MNEK 2023, terdiri dari Comcheck, Weigh Anchor, Channel Transit, Prep Photex, Photex, Sarex and Mio hingga Finex.

Baca Juga: TNI Resmikan Dua Bangunan di Sumatera, Tugu Latsitarda dan Ujung Karang Heritage

“Melalui TFG, kita tahu apa yang harus dikerjakan pada saat skenario latihan, dan juga apabila kita menghadapi emergency, jadi tahu apa yang dilaksanakan untuk safety-nya,” ujar Dansubsatgas Exercise MNEK 2023 Kolonel Laut (P) Lukman Kharis, Makassar, Rabu (7/6).

Lukman berharap, melalui TFG ini masing-masing komandan KRI maupun pelaku atau pelaksana di lapangan pada saat Sea Phase, memahami betul apa yang harus dilaksanakan.

Baik itu skenario step by step dan rencana detail dan juga safety atau persiapan, apabila menghadapi hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Lukman.

Baca Juga: Rindam Jaya Lantik 31 Bintara Infanteri

Sebelumnya, MNEK 2023 adalah latihan nonperang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana serta operasi kemanusiaan untuk mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, latihan persahabatan ini untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman antarnegara. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER