Jadi Unity of Command, Pangkoopsudnas: Kami akan Tegakkan Kedaulatan Udara Indonesia

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta, IDM – Panglima Komando Operasi Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI M. Tonny Harjono menegaskan Koopsudnas akan selalu menjaga dan menegakkan kedaulatan udara Indonesia.

“Di lapangan kita menemui berbagai macam pelanggaran wilayah udara, khususnya yang berhubungan dengan batas wilayah. Dan kita (Koopsudnas) adalah pelaksana di lapangan yang menegakkan kedaulatan (udara) negara,” tegas Tonny dalam acara Coffee Morning dengan sejumlah awak media yang digelar di Ruang Rusmin Nurjadin, Koopsudnas, Kamis (19/1).

Sebagai satuan baru di tubuh TNI AU, Koopsudnas memiliki peran yang krusial dalam menjaga kedaulatan dirgantara Indonesia. Tidak sampai disitu, keberadaan Koopsudnas juga diharapkan dapat berperan dalam merespons dinamika lingkungan strategis serta tantangan tugas TNI AU yang selalu berkembang.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Tonny menjelaskan, sebagai Komando Operasi TNI AU, Koopsudnas akan menyelenggarakan operasi pertahanan sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

“Koopsudnas juga melakukan penegakkan hukum serta menjaga keamanan dan pertahanan di wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai peraturan perundang-undangan dan melakukan pembinaan kemampuan serta kesiapan operasional satuan jajarannya,” jelasnya.

Baca: Ramah Tamah dengan Awak Media, Pangkoopsudnas Jelaskan Tugas Pokok Koopsudnas

Pemberdayaan wilayah pertahanan udara juga menjadi fokus tugas lainnya dari Koopsudnas, dengan tujuan untuk mendukung tugas TNI Angkatan Udara.

Dengan sejumlah peran dan tugas tersebut, maka Koopsudnas dapat menjadi kunci bagi TNI AU untuk mewujudkan unity of command. (yas)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER