Italia Akan Kirim Pertahanan Udara Samp-T ke Ukraina

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta, IDM – Italia telah mengkonfirmasi siap untuk memasok Ukraina dengan sistem pertahanan udara Samp-T. Rencana ini diputuskan setelah AS dan Ukraina mendesak negara-negara Eropa untuk memasok pertahanan udara untuk menangkal serangan rudal Rusia.

Dilansir dari Defense News, Selasa (24/1), juru bicara menteri luar negeri Italia Antonio Tajani mengumumkan keputusan tersebut dan mengatakan bahwa “Italia sedang bekerja sama dengan Prancis menyelesaikan pengiriman Samp-T,” ujar Tajani.

Menurut Tajani, Italia akan berkolaborasi dengan Prancis dalam memasok Samp-T karena Prancis juga merupakan pengguna sistem pertahanan udara itu. Selain itu, Italia juga sedang mempertimbangkan untuk membeli unit tambahan Samp-T untuk Angkatan Udara.

Baca: Perkuat Interoperabilitas, AS dan Israel Gelar Latma Militer

Samp-T adalah sistem antirudal taktis berbasis truk yang dirancang untuk menghadang rudal jelajah, pesawat berawak dan tak berawak serta rudal balistik. Sistem pertahanan udara ini telah digunakan pasukan Italia sejak 2013. Keputusan untuk mengirim Samp-T juga merupakan bagian dari pernyataan bersama NATO yang akan terus mendukung Ukraina demi stabilitas keamanan di wilayah Eropa. (bp)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER