Minggu, 26 Mei 2024

Iran Pamer Rudal Hipersonik Fattah, Diklaim Mampu Tembus Pertahanan Udara Manapun

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Iran mengklaim bahwa mereka telah mengembangkan rudal hipersonik untuk pertama kalinya. Rudal yang diberi nama Fattah ini disebut dapat menembus sistem pertahanan rudal negara manapun dan mewujudkan ambisi Iran untuk memiliki keunggulan militer.

Dilansir dari Irna.ir, laman resmi pemerintah Iran, Rabu (7/6), rudal hipersonik Fattah diresmikan langsung oleh Presiden Ebrahim Raisi di Teheran pada Selasa (6/6) pagi.

Baca Juga: Pertama Kali, Israel akan Ikut Latihan Militer Terbesar di Afrika

Dalam kesempatan yang sama, komandan unit kedirgantaraan IRGC (Islamic Revolutionary Guard Corps) Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh menjelaskan bahwa Iran terus meningkatkan kemampuan rudal hipersonik yang memiliki kemampuan bermanuver dalam kecepatan 13 hingga 15 mach (5.145 meter per detik).

Presiden Iran Ebrahim Raisi
Presiden Iran Ebrahim Raisi bersama jajaran IRGC meresmikan rudal hipersonik Fattah di Teheran pada Selasa 6 Juni 2023. (Foto: Dok. Irna.ir)

“Kami dapat mencapai target apa pun dalam jarak 1.400 kilometer. Tidak ada sistem pertahanan di dunia yang dapat melawan rudal tersebut,” kata Hajizadeh.

Menurut Hajizadeh, Iran termasuk salah satu negara yang memiliki kemampuan militer unggul di dunia. Sebab, hanya segelintir negara yang memiliki teknologi untuk memperoduksi rudal hipersonik.

Baca Juga: Bendungan Pembangkit Listrik Ukraina Hancur, Ini Dampaknya Bagi Rusia

“Hanya segelintir negara seperti Amerika Serikat (AS), Cina, Rusia dan Korea Utara (Korut) yang mampu membuat rudal hipersonik,” jelasnya.

Pada bulan lalu, Iran juga berhasil menguji rudal balistik Khaibar dengan jangkauan 2.000 km. Keberhasilan tersebut di kecam beberapa negara Barat yang menilai Iran telah melanggar resolusi PBB terkait proliferasi nuklir. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER