Inggris Kirim Helikopter Sea King Perdana ke Ukraina

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta, IDM – Inggris meningkatkan dukungannya terhadap Ukraina dengan mengirimkan armada pesawat berawak untuk pertama kali sejak invasi Rusia berlangsung. Inggris telah mengirim satu dari tiga Helikopter Sea King yang dapat membantu operasi SAR Ukraina.

Dilansir dari Gov.uk, Rabu (23/11), Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallcae mengatakan bahwa pengiriman helikopter Sea King merupakan bentuk komitmen Inggris dalam membantu Ukraina, dimana sebelumnya sebanyak 10 personel Angkatan Bersenjata Ukraina telah dilatih selama enam minggu di Inggris agar dapat mengoperasikan Helikopter tersebut. Helikopter Sea King telah terbukti kemampuannya dengan menjadi armada yang digunakan oleh Angkatan Bersenjata Inggris selama puluhan tahun.

Wallace juga mengatakan bahwa Inggris akan mengirim sebanyak 10.000 peluru artileri tambahan untuk membantu Ukraina mengamankan beberapa wilayah yang telah direbutnya kembali dari Rusia selama beberapa bulan terakhir.

“Pengiriman pertama Helikopter Sea King tiba di Ukraina untuk memberikan kemampuan pencarian dan penyelamatan (SAR). Dukungan kami untuk Ukraina tidak tergoyahkan. Peluru artileri tambahan ini akan membantu Ukraina mengamankan tanah yang telah direbutnya dari Rusia dalam beberapa pekan terakhir,” ujar Menhan Ben.

Selain armada dan artileri, Inggris pun akan memasok pasukan Ukraina dengan peralatan musim dingin, termasuk kantong tidur dan tenda khusus, serta pakaian cuaca dingin karena suhu selama musim dingin bisa turun hingga -20C di beberapa wilayah.

Baca: Tingkatkan Armada Pertahanan, Rusia Suplai Pesawat Tempur Su-30SM2

Bantuan militer tambahan ini menyusul paket pertahanan senilai £50 juta yang dijanjiikan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak saat mengunjungi Ibu Kota Kyiv pada minggu lalu. Dalam kunjungan tersebut, ia mengungkapkan bahwa Inggirs menyediakan sekitar 1.000 rudal darat ke udara, 125 senjata anti-pesawat serta teknologi untuk anti-drone, termasuk sistem radar mutakhir. (bp)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER