Ikuti Latma AMAN, Pangkoarmada II Lepas KRI RE Martadinata-331 ke Pakistan

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta, IDM – Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI TSNB Hutabarat memimpin upacara pelepasan KRI RE Martadinata-331 ke Pakistan di dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Selasa (24/1).

KRI RE Martadinata-332 bakal mengikuti latihan bersama (latma) Multinasional Exercise AMAN 2023 di Karachi, Pakistan dan perairan utara Laut Arab selama sepekan, yakni dari 9-14 Februari.

TSNB Hutabarat mengatakan, latma AMAN sebagai sarana dalam memelihara dan meningkatkan hubungan kerja sama militer bidang maritime security antara Indonesia dengan sejumlah negara peserta latihan.

KRI RE Martadinata-331
(Foto: Dok. Dispen Koarmada II)

“Latma AMAN merupakan ajang pertemuan dan pertukaran informasi bidang maritime interdiction operation (MIO) dan naval warfare,” ujar TSNB Hutabarat dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II.

Pada latihan yang digelar dua tahun sekali ini, KRI RE Martadinata-331 di bawah komando Kolonel Laut (P) Nopriadi, berlatih selama 48 hari mulai 24 Januari-3 Maret dengan memberangkatkan 126 anak buah kapal (ABK), dan 14 tim pendukung dari kru heli, Kopaska, penyelam, dan kesehatan.

Baca: Diserahkan ke TNI, Ini Potret Senjata Rakitan Warga Maluku Utara dari Laras Panjang Hingga Pendek 

KRI RE Martadinata-331
(Foto: Dok. Dispen Koarmada II)

Sebelumnya, latma AMAN 2023 adalah kegiatan berskala internasional yang diselenggarakan Pakistan Navy dan sebagai momen pertemuan angkatan laut bersifat multinasional. Kegiatan tersebut melibatkan 26 kapal perang berbagai negara peserta yang dibagi dalam tahap harbour phase dan sea phase

Latma AMAN 2023 akan diikuti oleh beberapa negara di antaranya Pakistan, Azerbaijan, China, Italy, Japan, Indonesia, Malaysia, Srilanka, Turki, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat (AS). (at)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER