HUT Ke-75, Korps Marinir Bersinergi Siap Kawal NKRI Menuju Indonesia Maju

19
Pasukan Korps Marinir saat mengikuti Upacara HUT Korps Marinir ke-75 di Markas Komando Korps Marinir, Jakarta (16/11). (Foto IDM/Rayi Gigih)

Jakarta,IDM – Mengusung tema “Bersinergi Mengawal NKRI Menuju Indonesia Maju” Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL) resmi merayakan hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 yang jatuh pada tanggal 15 November.
Saat pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-75 Korps Marinir yang digelar Senin, (16/11/2020) di Mako Kormar, Kwitang, Jakarta Pusat, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Nugroho meminta Korps Marinir untuk selalu hadir untuk menjaga NKRI.

“Di saat kedaulatan negara hadir dan situasi tak terkendali, marinir hadir menengahi. Jadi wajar saja apabila di dalam benak rakyat dan pemimpin bangsa ini, apabila negara ini dalam ancaman, satu jawabannya kerahkan marinir,” ujar Laksamana TNI Yudo Nugroho selaku inspektur upacara.

Menurut Yudo Nugroho, Korps Marinir harus menjadi garda terdepan dan dipercaya dengan mengedepankan sikap santun dan mampu bersinergi dengan komponen bangsa lainnya. Oleh karena itu, selain mengasah kemampuan dan naluri tempur, prajurit Korps Marinir harus senantiasa memelihara disiplin individu dan disiplin kesatuan.

KSAL Yudo Margono memberikan sambutan saat menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT Korps Marinir ke-75, Jakarta (16/11). (Foto IDM/Rayi Gigih)

“Hal ini bertujuan agar prajurit Korps Marinir juga selalu mendapat tempat di hati masyarakat, terhindar dari tindakan-tindakan yang merugikan dan menyakiti hati rakyat,” ucapnya.

Di penutup, Laksamana TNI Yudo Nugroho pun menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian kepada komandan Korps Marinir dari masa ke masa, para sesepuh serta seluruh keluarga besar Korps Marinir yang telah ikut berjasa membesarkan dan mengharumkan nama Korps Marinir dan TNI serta menjadi kebanggaan bangsa dan negara tercinta.

Sementara itu, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Suhartono dalam pesannya di Hari Ulang Tahun ke 75 Korps Marinir TNI Angkatan Laut, menegaskan ragam tugas yang dilaksanakan Korps Marinir, baik itu Operasi Militer untuk Perang atau Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di tengah masa pandemi memanglah berat. Akan tetapi, Covid-19 sama sekali tidak akan membuat prajurit Korps Marinir menyerah ketika menjalankan semua tugas-tugasnya. Menurutnya, menyerah bukanlah sebuah jalan yang dipilih oleh para prajurit Korps Marinir.didepan pasukan meminta Marinir untuk terus meningkatkan kemampuannya, berinovasi dan adaptif dengan perkembangan zaman maupun teknologi yang tengah berkembang.

“Tugas mengatasi gangguan keamanan ataupun tugas kemanusiaan seperti penanggulangan bencana alam di tengah masyarakat, dan dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini adalah suatu tantangan tugas yang menuntut kita, Korps Marinir harus bekerja keras meskipun dalam segala keterbatasan. Suatu perubahan yang membuat kita semua serba sulit, apakah kita menyerah? tentu tidak karena menyerah apa lagi kalah bukan pilihan prajurit petarung,” katanya .

Komandan Korps Marinir Suhartono saat peringatan HUT Korps Marinir ke-75 di Markas Komando Korps Marinir, Jakarta (16/11). (Foto IDM/Rayi Gigih)

Sejatinya Hari Ulang Tahun Korps Marinir jatuh pada tanggal 15 November, namun pelaksanaan Upacara peringatan HUT ke-75 Korps Marinir tahun ini digelar dengan mengedepankan protokol Kesehatan pada Senin (16/11/2020). Upacara militer tidak melibatkan banyak personel dan peralatan tempur dengan Komandan Upacara Kolonel Marinir Danuri, SE yang sehari-hari menjabat Asisten Operasi Pasmar 1 Jakarta.

Upacara diikuti secara virtual oleh Komando Pelaksana (Kolak) Korps Marinir antara lain Pasmar 1, Pasmar 2, Pasmar 3, Brigif 4 Mar/BS, Denjaka, Kolatmar, Lanmar Jakarta, Lanmar Surabaya, Kolak Pasmar, Yonmarhanlan I sampai dengan XIV serta personel Satgas Marinir yang sedang bertugas di dalam dan luar negeri seperti Satgas UN RDB MONUSCO, Satgas Puter (P. Berhala), Satgas Covid-19 Wisma Atlit, serta Satgas Percepatan Pembangunan di Lombok NTB. Material tempur Korps Marinir yang tergelar dalam upacara ini antara lain, 2 unit Sea Rider, 2 BTR-4, 2 Twin Gun, 2 Atav serta 2 RM-70 Grad.

Selesai pelaksanaan Upacara dilanjutkan acara syukuran yang dilaksanakan di Gedung Graha Marinir. Acara tersebut juga diikuti secara virtual serta melaksanakan potong tumpeng di tempat masing-masing. Selain Kasal, acara syukuran ini dihadiri pula oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Marinir Suhartono, M. Tr (Han), Pejabat Utama Mabesal, Pejabat Utama Mako Kormar, dan para Dankormar dari masa ke masa.

Acara diisi dengan pemutaran filler ucapan selamat ulang tahun dari masyarakat dan dari Purnawirawan Marinir, sambutan Dankormar, pemotongan tumpeng, pemutaran filler Kaleidoskop 2019-2020 Korps Marinir, Launching Buku Korps Marinir “75 Tahun Korps Marinir. Setia pada NKRI di Tengah Rakyat”, pemutaran filler “Suara Hati Untuk Marinir” (Warakawuri dan putra/putri keluarga besar Korps Marinir), pengumuman dan pemutaran pemenang Lomba Video Demo dan Parodi.

Selain upacara militer, dalam rangka memeriahkan HUT nya yang ke-75, Korps Marinir menyelenggarakan serangkaian kegiatan antara lain Lomba Video Demo, Lomba Panahan Dankormar Cup di Lapangan Panahan Jusman Puger Cilandak (6/11/2020), Lomba Menembak Dankormar Cup (20-22/11/2020), Anjangsana kepada Warakawuri (keluarga prajurit yang gugur di daerah operasi) dan prajurit dan keluarga yang sakit kronis serta kepada sesepuh atau pelaku sejarah Korps Marinir (2-6/11/2020), Ziarah dan Tabur Bunga (9-10/ 11/2020) dan Istighosah / Do’a Bersama (13/11/2020). (nal/wan)