Kamis, 13 Juni 2024

Hampir 90 Negara akan Ikut KTT Perdamaian Ukraina, Rusia Diyakini Tidak Hadir

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Swiss Viola Amherd mengatakan bahwa terdapat hampir 90 negara dan organisasi yang mayoritas dari Eropa, telah mengonfirmasi untuk hadir dalam KTT perdamaian Ukraina yang akan diselenggarakan di Swiss pada 15-16 Juni mendatang.

KTT ini bertujuan untuk menetapkan arah menuju perdamaian abadi di Ukraina dengan mencapai pemahaman bersama melalui penyusunan ‘peta jalan’. Kendati demikian, Rusia belum diundang karena diyakini tidak akan hadir dalam perbincangan tersebut. Sebab, didasarkan pada proposal perdamaian dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang ditolak Pemerintahan Rusia.

Baca Juga: Ukraina Klaim Hancurkan Pesawat Su-57 Rusia untuk Pertama Kalinya

“Ini bukan tentang propaganda. Ini tentang dasar bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Swiss, berdasarkan pada pembinaan perdamaian (dan) untuk menyediakan platform untuk memulai dialog,” kata Amherd melansir AP, Selasa (11/6).

Ia menyebut sebagian besar peserta adalah para pemimpin negara, dengan sekitar setengahnya diwakili di tingkat kepala negara atau pemerintahan, dan beberapa perwakilan organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-bangsa pun akan hadir.

Baca Juga: Korut Peringatkan Tanggapan Tegas Jika Korsel Terus Siarkan Propaganda

Sementara, total undangan yang telah disebar yaitu 160 pihak dan daftar final partisipan yang hadir akan dipastikan pada sehari sebelum acara dimulai. Sebelumnya, Brazil dan Cina mengatakan mereka tidak akan ambil bagian kecuali kedua belah pihak, termasuk Rusia sepakat hadir. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER