Hadiri Pembukaan Latsitarda XLII/2022, KSAL Tegaskan Integritas TNI-Polri

39
(Dok Dispenal)

Jakarta, IDM – Sebanyak 106 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mengikuti Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda) XLII Tahun 2022 yang digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk menguatkan integritas TNI-Polri.

Latsitarda XLII/2022 dibuka secara langsung oleh Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB dan dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Latsitarda Nusantara merupakan kegiatan yang dilakukan setiap setahun sekali serta diikuti oleh Taruna akademi tingkat akhir sebelum akhirnya mereka dinyatakan lulus dan dilantik sebagai perwira TNI-Polri oleh Presiden RI.

Nantinya, para Taruna akan melaksanakan kegiatan latihan integrasi yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan karya bakti seperti pembuatan rumah ibadah, perbaikan fasilitas umum dan pembersihan saluran air (drainase).

(Dok Dispenal)

Kemudian, para Taruna juga akan melaksanakan kegiatan nonfisik berupa riset sosial, penyuluhan tentang kesehatan, bahaya narkoba serta pencegahan Covid-19.

Selain itu, para Taruna juga akan mendapatkan pembekalan mengenai nilai-nilai kejuangan serta wawasan kejuangan dan kegiatan positif lainnya yang akan dilaksanakan di beberapa wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Latsitarda Nusantara Ke-42 digelar dari 14 Mei sampai 11 Juni 2022, dan diikuti oleh taruna tingkat akhir dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Kepolisian (Akpol).

Setelah acara pembukaan Latsitarda, kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan kirab yang diikuti 847 peserta Latsitarda Nusantara XLII/2022 yaitu para Taruna tingkat akhir dari Akademi TNI AL, Akademi TNI AU,  Akademi Militer, Akademi Kepolisian, dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Jalur kirab akan dimulai dari Kantor Gubernur NTB bergerak ke arah timur jalur utama, hingga berakhir di kawasan Taman Mayura, Kecamatan Cakranegara. (ADT)