Rabu, 12 Juni 2024

Gelar Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca, TNI AU Dukung Kesuksesan KTT WWF 2024

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) pada Minggu (19/5).

Operasi tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan KTT ke-10 World Water Forum (WWF) di Bali.

Baca Juga: Begini Cara Prajurit TNI Musnahkan Amunisi yang Sudah Kadaluarsa

“Langkah ini diambil sebagai bentuk antisipasi terhadap adanya prediksi akan potensi hujan tinggi di wilayah Bali, yang saat ini menjadi tuan rumah KTT WWF 2024,” ungkap TNI AU dikutip dari keterangan foto dalam instagram @militer.udara, Senin (20/5).

Teknologi Modifikasi Cuaca
Pesawat Cassa 212 asal Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang yang dikerahkan TNI AU dalam operasi Teknologi Modifikasi Cuaca. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Untuk operasi TMC kali ini, TNI AU tercatat mengerahkan unsur alutsista berupa pesawat Cassa 212 dengan nomor ekor (tail number) A-2105.

Pesawat itu berasal dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang dan diawaki oleh Lettu Pnb Bintang serta Lettu Pnb Arya.

Baca Juga: Ikuti Latihan G-FET di Belanda, Puluhan Penerbang TNI AU Tingkatkan Kesiapan Tempur

Terbang pada ketinggian 7.000 hingga 10.000 kaki, 11 awak pesawat yang terlatih dan berpengalaman melakukan penyemaian 800 kilogram NaCl (garam).

Selama misi TMC ini, TNI AU juga bersinergi dan menjalin kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER