Dukung Operasi Pendaratan Amfibi, TNI AU Kerahkan Helikopter dan Jet Tempur

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan tiga jet tempur F-16 dan helikopter C-130 Hercules untuk mendukung operasi pendaratan amfibi yang digelar di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (24/1).

Operasi pendaratan amfibi kali ini digelar sebagai bagian dari upacara pembaretan dan pengangkatan sejumlah tokoh militer serta sipil sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI AL.

Salah satu tokoh tersebut adalah Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Pada kesempatan yang sama, Fadjar juga dianugerahi dua brevet yakni Brevet Intai Para Amfibi Korps Marinir serta Brevet Antiteror Aspek Laut.

C-130 A-1338
Helikopter C-130 A-1338 saat melakukan rubber duck operation dalam dalam operasi pendaratan amfibi. (Foto: Dok. @militer.udara)

Membahas perihal operasi pendaratan amfibi, operasi ini merupakan teknik pertempuran jarak dekat prajurit Korps Marinir TNI AL yang diskenariokan harus merebut wilayah musuh.

Melansir Dispenau, Rabu (25/1), dalam operasi kali ini, tiga jet tempur milik TNI AU yang dikerahkan dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi harus melaksanakan operasi close air support (CAS). CAS dilakukan dengan tujuan untuk melindungi pasukan Marinir TNI AL.

Baca: Aksi Terjun Tempur Yontaifib 1 Mar saat Pembaretan Warga Kehormatan Korps Marinir

Sementara itu, helikopter C-130 dengan tail number A-1338 mengemban tugas untuk melaksanakan rubber duck operation (RDO). RDO merupakan operasi infiltrasi pasukan khusus TNI AL.

Dalam pelaksanannya, helikopter TNI AU yang berasal dari Skadron Udara 33 Lanud Hasanuddin tersebut mengawali RDO dengan menerjunkan dua perahu karet. Kemudian, 14 penerjun menyusul untuk mendarat di laut dengan teknik free fall. Setelah itu, mereka menuju pantai dengan perahu karet yang sebelumnya telah diturunkan untuk selanjutnya menyergap musuh dan menguasai wilayah mereka. Kecepatan menjadi faktor yang harus diutamakan dalam misi operasi kali ini. (yas)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER