Selasa, 5 Maret 2024

Dukung MNEK 2023, Unsur KRI Koarmada II Debarkasi Personel dan Materiil

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Dalam rangka mendukung Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023, unsur-unsur KRI di bawah jajaran Koarmada II tiba dan sandar di dermaga Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (31/5).

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, Kamis (1/6), unsur-unsur KRI yang melaksanakan debarkasi personel dan materiil adalah KRI Raden Eddy Martadinata-331, KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Makassar-590, KRI Surabaya-591, KRI Tombak-629, dan KRI Soeharso-990.

Baca Juga: Panglima Koopsudnas Membuka Rapat Penyelarasan Naskah Akademik RUU Pengelolaan Ruang Udara

Di bawah komando Komandan Satgas Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4 Laksamana Pertama TNI Edi Haryanto, memberangkatkan 1.260 personel menuju Makassar untuk mendukung MNEK 2023, pada 5 Juni mendatang.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, mengatakan 22 negara mengonfirmasi hadir dalam MNEK 2023.

Dari puluhan negara tersebut, di antaranya Amerika Serikat (AS) hingga Rusia akan datang dalam MNEK ke-4, bersama dengan unsur kapal perang masing-masing negara.

Baca Juga: Dukung Ketahanan Pangan, Brigif Raider 9 Kostrad Panen Raya Jagung 1,4 Hektare

“Banyak kapal perang dari negara tetangga, bahkan dari negara yang jauh akan datang bergabung latihan,” ujar Ali di Mabesal, Cilangkap, Jakarta.

Nantinya, latihan MNEK 2023 yang bertema penanggulangan bencana atau humanitarian assistant for disaster relief ini tidak bersifat kombat, tetapi fokus pada operasi kemanusiaan atau bantuan terhadap bencana alam. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER