Jumat, 19 April 2024

Dua Kapal Perang Perusak Kawal Peluru Perkuat Koarmada III

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Dua kapal perang berkemampuan anti-kapal selam dan anti-pesawat udara resmi memperkuat kekuatan tempur Koarmada III di Sorong, Papua Barat Daya.

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada III, Minggu (21/5), dua kapal perang yang bertugas sebagai armarda pemukul tersebut adalah KRI Malahayati-362 dan KRI Fatahillah-361.

KRI Malahayati-362 yang namanya diambil dari seorang laksamana perempuan pertama dari Aceh ini, adalah kapal perusak kawal berpeluru kendali, yakni senjata roket militer yang bisa dikendalikan atau memiliki sistem pengendali otomatis mencari target dan menyesuaikan arah.

Baca Juga: Prajurit Yontaifib 2 Marinir Latihan Terjun Tempur Malam Hari

Sedangkan KRI Fatahilah-361 yang juga kapal perusak kawal berpeluru kendali berjenis korvet (kapal perang kecil) ini, merupakan nama seorang pahlawan nasional yang berjasa merebut Sunda Kelapa dari tangan Portugis dan menciptakan nama Jayakarta (Jakarta).

Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi menyampaikan, jika Laut Pasifik sangat luas. Oleh karena itu, kapal-kapal kecil TNI AL sangat berfungsi untuk beroperasi jika ada bahaya dan hal yang mengancam negara Indonesia.

Baca Juga: TNI Pastikan 22 Negara Ikut Super Garuda Shield 2023 

“Kapal kita kecil-kecil, kalau Laut Pasifik bisa ada bahaya, maka diusulkan beberapa kapal perang tipe korvet yaitu KRI Malahayati-362 dan KRI Fatahilah-361 memperkuat Koarmada III,” ujar Rachmad.

“KRI Malahayati dan KRI Fatahilah akan mengarungi semua wilayah yang menjadi tanggung jawab Koarmada III,” imbuhnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER