Selasa, 5 Maret 2024

Diplomasi Angkatan Laut Indonesia-Belgia, Bangun Kerja Sama Keamanan Maritim Internasional

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satuan latih Kartika Jala Krida 2023 yang dilaksanakan taruna AAL tingkat III angkatan 70 dengan Perwira Pelaksana Latihan Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo melaksanakan diplomasi internasional Angkatan Laut Indonesia dengan Belgia.

Dikutip dari laman TNI AL, Rabu (2/8), berdasarkan UU RI nomor 34 tahun 2004 pasal 9, TNI AL mempunyai tugas dan fungsi mendukung pembangunan nasional.

Baca Juga: Tinjau Latihan Gabungan TNI, Mahfud MD Puji Semangat Prajurit

Kemudian, angkatan laut mempunyai fungsi universal, yaitu peran militer (military role), polisionil (constabulary role), diplomasi (diplomasi rolle).

Dalam UU RI nomor 37 tahun 1999 tentang hubungan luar negeri bahwa melaksanakan hubungan luar negeri dengan negara lain adalah tugas dan tanggung jawab segenap bangsa Indonesia.

Baca Juga: KSAD Lantik 981 Perwira Pria dan 44 Kowad

Diplomasi Internasional yang bertujuan membangun saling percaya antara angkatan laut melalui kerangka kerja sama serta diskusi tentang maritim yang menyangkut kepentingan bersama, pertukaran informasi, pelatihan, dan pertukaran personel.

Indonesia dalam hal ini TNI AL harus dapat menunjukan peran aktif dalam melaksanakan diplomasi angkatan laut dalam mewujudkan stabilitas keamanan maritim di kawasan, sekaligus mendukung kebijakan pembangunan maritim nasional. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER