Senin, 15 April 2024

Di Hadapan Menhan dan KSAU, Baret Jingga Unjuk Gigi dalam Manuver Lapangan Operasi Udara

Kopasgat
Helikopter EC 725 Caracal yang dikerahkan untuk membantu dropping tim penolong SAR Tempur Kopasgat. (IDM/Jessica Yiswi)
Kopasgat
Personel Kopasgat TNI AU yang terjun dengan membawa bendera Kopasgat. (IDM/Jessica Yiswi)

Bandung, IDM – Langit biru Margahayu pagi itu dihiasi dengan ratusan parasut milik satu tim Bravo 90 Kopasgat. Mengembang dengan sempurna, parasut-parasut itu berhasil menghantarkan para personel mendarat dengan aman usai melakukan terjun free fall dari pesawat C-130 Hercules.

Aksi free fall tersebut menjadi penampilan pembuka dari rangkaian demonstrasi manuver lapangan operasi udara yang dipersembahkan oleh Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) jelang upacara tradisi pembaretan dan pengangkatan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menjadi warga kehormatan Kopasgat di Lanud Sulaiman, Bandung, Selasa (14/3).

Momen ini sekaligus digunakan oleh Kopasgat untuk unjuk gigi dihadapan Menhan Prabowo dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Atraksi yang dipertontonkan menunjukkan jika Kopasgat, sebagai pasukan khusus TNI AU, memiliki pasukan yang dapat diandalkan lantaran keahlian dan keterampilan dalam sejumlah hal.

Selain terjun free fall, rangkaian demo udara tersebut juga meliputi pembebasan sandera dalam bus, aksi tembak reaksi dan presisi, penembakan oleh Pesawat Super Tucano, flypass Pesawat Hercules C-130, dan penerjunan dengan membawa bendera Kopasgat hingga bendera Merah Putih. (yas)

INFRAME

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

EDISI TERBARU

sidebar
custom-ad-5

POPULER