Rabu, 29 Mei 2024

Derap Langkah Satgasduk Operasi Murai Sakti-22 TNI AU Bantu Korban Gempa Cianjur

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) telah mengerahkan Satuan Tugas Dukungan (Satgasduk) Operasi Murai Sakti-22 TNI AU pascagempa bumi yang melanda Cianjur pekan lalu, untuk membantu para korban dan masyarakat terdampak.

Satgasduk yang dipimpin oleh Komandan Lanud Atang Sendjaja (Ats) Bogor, Marsma TNI Suliono ini terdiri dari lima unsur yakni unsur pangkalan, unsur teritorial, unsur helikopter, unsur Pasgat, dan unsur kesehatan.

“Satgas telah menyalurkan 29 ton logistik ke daerah bencana, melalui Lanud Atang Sendjaja Bogor dan Lanud Husein Sastranegara Bandung hingga hari ke sembilan pasca gempa, di mana distribusinya dilakukan dengan menggunakan Helikopter SA 330 Puma dan NAS 332 Super Puma TNI AU,” demikian dikutip dari keterangan tertulis Dispenau.

Derap Langkah Satgasduk Operasi Murai Sakti-22 TNI AU Bantu Korban Gempa Cianjur
(Dok. Dispenau)

Dalam pelaksanaannya, masing-masing unsur memiliki tugas tersendiri. Unsur teritorial yang berada di Posko Ciputri dan Posko Cihereng bertugas untuk menerima dan menyalurkan logistik, memberikan pelayanan dapur umum, membantu perawatan korban bencana, menyelenggarakan kesehatan lapangan, dan berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait.

Sementara perbaikan rumah warga dilakukan oleh unsur Pasgat. Tidak hanya itu, unsur ini juga turut membantu pendaratan helikopter yang membawa bantuan logistik di lapangan Aquila Desa Pakuwon serta turut mendistribusikan bantuan logistik.

Baca: Dukung Misi Perdamaian, Satgas TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL Dibekali Kaporlap

Adapun unsur kesehatan yang dipimpin oleh Letkol Kes dr. Whiko bertugas untuk melayani pengobatan umum bagi warga, termasuk pelayanan IGD dan rawat inap setiap harinya, serta membuat laporan data harian pasien Rumkitlap/korban ke Kemenkes RI.

Unsur ini juga melakukan koordinasi dengan BPBD/BNPB terkait pasokan logistik obat-obatan dan bahan makanan. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER