Wujudkan Eksistensi Pancasila, Pangdam XIV/Hasanuddin Tekankan Kekompakan Umat Beragama

BACA JUGA

Makasar, IDM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso melaksanakan silatuhrahmi dengan Lembaga Agama Kristen dan Persekutuan Gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) Sulselbara, bertempat di Gedung PGIW Sulselbara, Makassar. Selasa (20/9).

Adapun agenda silaturahim ini, dalam rangka mempererat hubungan dan momentum Pangdam XIV/Hasanuddin memperkenalkan diri sebagai pejabat yang baru.

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso mengungkapkan rasa terima kasih kepada Ketua dan segenap pengurus PGIW Sulselbara yang telah mengundang dan penyambutan yang penuh kekeluargaan.

Lebih lanjut Totok mengungkapkan bahwa hal yang berkaitan dengan agama pihaknya telah membuat komitmen untuk memberikan kesempatan dalam melakukan ajarannya sesuai dengan agama masing-masing sebagaimana tertuang dalam pasal 29 ayat 2 UUD Negara Republik Indonesia tentang kebebasan beragama.

“Sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin berkaitan dengan masalah agama saya telah membuat suatu komitmen, bahwa semua agama silahkan berjalan dengan kegiatan masing-masing, kita akan melindungi dan membantu, dan tetap kedepankan toleransi dalam beragama. Totok juga menjelaskan saat ketemu dengan Toga, Toda, di Kendari sudah disampaikan bahwa kita sudah berkomitmen dan silahkan kita beribadah, saling menghormati dan saling toleransi,” tegasnya.

“Dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa kita harus memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat yang berbeda agama sehingga dapat terciptanya kerukunan hidup karena negara kita adalah negara kebangsaan yang berketuhanan, negara yang Pancasilais, “sambung Totok.

“Ada motto mengatakan bahwa manusia ciptaan Tuhan yg baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain itulah yang selalu saya pegang artinya bahwa di manapun kita berada tentunya membantu, melayani dan bermanfaat untuk orang lain,” ungkap Totok.

Totok juga menjelaskan mengenai Slogan baru Kodam XIV/Hasanuddin yaitu “6K DI HATI KITA” yang dilaunching oleh Pangdam Hasanuddin agar menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas. Adapun Slogan 6K yang dimaksud yakni Karakter, Kapabel, Kontemporer, Kompak, Kesemestaan dan Kerakyatan.

Di akhir sambutannya, Totok mengajak dalam waktu yang akan datang Indonesia mendekati suasana pesta demokrasi, disinilah kita harus mempersiapkan semuanya, agar tidak mudah terprovokasi yang dapat menimbulkan kegaduhan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya ingin kerja sama ini kita pelihara dan bila perlu ditingkatkan, kami siap berkolaborasi dengan gereja yang ada di Sulselbara dan jika ada permasalahan silahkan ke Kodam XIV/Hasanuddin, kami dengan senang hati menerima karena kita adalah bersaudara,” tutup Totok.

Sedangkan pengurus PGIW Sulselbara dalam sambutannya mengatakan, bahwa ini adalah moment yang sangat mengesankan, karena dalam kurung waktu 6 tahun, baru kali ini PGIW dikunjungi oleh Pangdam XIV/Hasanuddin. (gin)

EDISI TERBARU

sidebar

BERITA TERBARU

POPULER