Kamis, 13 Juni 2024

Ciptakan Rasa Aman dari OPM, Koops HABEMA Tempatkan Satuan Tugas di Distrik Homeyo

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Koops HABEMA menempatkan Satuan Tugas Teritorial (Satgaster) Kodim persiapan di wilayah Kabupaten Intan Jaya yang mencakup Distrik Homeyo. Langkah ini dilakukan untuk menjamin keamanan di wilayah Kabupaten Intan Jaya.

Dilansir keterangan dari Dispenad, Senin, (20/5) selama ini Aparat Kewilayahan TNI di wilayah Kabupaten Intan Jaya hanya satuan Koramil dan pengendaliannya berada di bawah komando Kodim 1705/Nabire yang lokasinya jauh dan berada di luar wilayah Kabupaten Intan Jaya.

“Keberadaan Aparat Gabungan di wilayah Homeyo tersebut membuat warga masyarakat Homeyo kembali ke kampung halamannya dari tempat pengungsian, dan bahkan dapat menyelenggarakan ibadah bersama kembali di Gereja GKI Imanuel Pogapa,” tulis keterangan Dispenad.

Baca Juga: Taruna Akmil Belajar Teknik Bertempur Kavaleri dengan Ranpur Leopard dan Merder

Sebelumnya beberapa waktu lalu aparat gabungan yang melibatkan Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA beserta Satgas NANGGALA Kopassus berhasil mematahkan beberapa kali upaya aksi serangan Organisasi Papua Merdeka (OPM) ke wilayah Homeyo.

Masyarakat Distrik Homeyo
(Foto: Dok. Dispenad)

Akibat aksi serangan tersebut hampir tiga minggu warga Distrik Homeyo mengungsi.

“Hari ini tanggal 19/5/2024, kita dapat berkumpul kembali dan beribadah di Gereja Imanuel Pogapa. Tuhan memberkati,” ucap Sekretaris Distrik Homeyo, Hengki Bagubau.

Baca Juga: Operasi Pertahanan Pantai Marinir Indonesia-Amerika Berhasil Amankan Wilayah Ketapang Lampung

Hal yang sama diungkapkan Panglima Kogabwilhan III, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, pasca menerima laporan pelaksanaan ibadah perdana di Homeyo.

“Situasi Distrik Homeyo yang aman telah berdampak positif bagi kenyamanan warga masyarakat dalam melakukan aktivitas kehidupannya sehari-hari, termasuk kegiatan ibadah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucap Panglima Kogabwilhan III. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER