Senin, 15 April 2024

Cina dan Rusia Gelar Patroli Udara, Tingkatkan Tensi di Asia-Pasifik

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Militer Cina dan Rusia sukses menggelar patroli udara di atas Laut Jepang dan Laut Cina pada hari Selasa (6/6). Aktivitas tahunan ini berfokus pada kemampuan patroli udara strategis kedua negara.

Dilansir dari Mod.gov.cn, laman resmi Kementerian Pertahanan Nasional Cina, Rabu (7/6), patroli gabungan itu merupakan bentuk dari kerja sama yang di perkuat antara kedua negara untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Pasifik.

Baca Juga: Mengapa Insiden Manuver Agresif Cina dan AS Terus Terjadi?

“Beijing dan Moskow melakukan patroli udara bersama yang ke-6 sesuai dengan rencana kerja sama militer tahunan,” tulis kementerian pertahanan Cina.

Patroli gabungan tersebut memicu negara tetangga Korea Selatan (Korsel) dan Jepang untuk mengerahkan jet tempur sebagai sikap siaga.

Baca Juga: Ini Lima Negara yang akan Jadi Anggota Baru DK PBB

Angkatan Udara Korsel melaporkan sebanyak empat pesawat H-6K Cina dan empat pembom Tu-95 Rusia berulang kali memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) di lepas pantas selatan atau timur laut Korsel.

Laporan serupa juga datang dari otoritas militerJepang. Selain pesawat militer, Cina dilaporkan mengirim kapal perusak Type 052D Xiamen dan fregat Type 054A Yangzhou ke Selat Miyako yang berlayar dari Laut Cina Timur. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER