BPK Gelar Entry Meeting Laporan Keuangan Kementerian Pertahanan

BACA JUGA

Jakarta,IDM – Kementerian Pertahanan RI (Kemhan) melaksanakan taklimat awal (Entry Meeting) Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga (LKKL) Tahun Anggaran 2021 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Kemhan, Jakarta Kamis (17/2).

Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto kepada pimpinan Delegasi BPK RI Anggota I BPK Hendra Susanto melaporkan Keuangan Kemhan Tahun 2021 yang terdiri dari laporan keuangan Unit Organisasi (UO) Mabes TNI, UO TNI AD, UO TNI AL, dan UO TNI AU.

Dalam sambutannya, Hendra menjelaskan bahwa taklimat awal atau entry meeting adalah salah satu bentuk komunikasi antara pemeriksa dan entitas agar tercipta kesamaan persepsi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pemeriksaan pelaporan keuangan.

Tim Pemeriksa BPK menekankan beberapa perhatian dalam laporan keuangan UO tahun 2021 karena Laporan Keuangan Kemhan/TNI sangat penting bagi Laporan Keuangan Pemerintah Pusat secara keseluruhan, mengingat jumlah anggaran yang besar sehingga menjadi barometer terhadap keberhasilan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat secara keseluruhan. Ditekankan pula, bahwa Opini WTP yang telah diterima Kemhan/TNI dalam 4 tahun terakhir adalah manifestasi dari kerja keras Kemhan dan UO yang termasuk di dalamnya.

Anggota I BPK RI tersebut menyampaikan bahwa berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006, pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK terdiri atas pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja, dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Pemeriksaan yang kami lakukan kali ini adalah pemeriksaan atas laporan keuangan, yang hasilnya nantinya akan berupa opini.

Ketua tim pemeriksa BPK juga menyampaikan bahwa Sesuai amanat Undang-Undang (UU) No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Pimpinan Kementerian dan Lembaga (K/L) bertugas menyusun dan menyampaikan Laporan Keuangan atas pelaksanaan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari K/L yang dipimpinnya.

Hadir dalam Taklimat Awal Pelaksanaan Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kemhan Tahun 2021 UO Kemhan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan di antaranya Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wamenhan M. Herindra, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana. (si/nhn)

EDISI TERBARU

sidebar

BERITA TERBARU

POPULER