Pertemuan Pentagon, Menhan Prabowo-Menhan AS Bahas Keamanan Regional hingga Kerjasama Pertahanan

20
Menteri Peratahanan AS, Dr. Mark T. Esper (kiri) bersama Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto (kanan). (Dok. Foto/Kemhan RI)

Washington, IDM – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto telah melakukan pertemuan dengan Menhan Amerika Serikat (AS) Mark Esper di Pentagon, Washington DC, Jumat (16/10/2020).

Dilansir laman resmi Department of Defense (DoD) AS, dalam pertemuan tersebut kedua Menteri Pertahanan membahas sejumlah hal meliputi keamanan regional, prioritas hubungan pertahanan kedua negara,hingga akuisisi pertahanan.

Menhan Esper juga menyebut perihal pentingnya penegakan Hak Asasi Manusia (HAM), supremasi hukum, dan profesionalisasi saat kedua negara memperluas keterlibatan mereka.

Sementara itu, Prabowo menekankan pentingnya keterlibatan militer di semua tingkatan dan menyampaikan apresiasi atas dukungan Amerika Serikat untuk modernisasi pertahanan di Indonesia.

Kedua pejabat juga mengungkapkan keinginan mereka untuk meningkatkan kegiatan militer diantara kedua negara serta bekerja sama dalam sektor keamanan maritim.

Dalam pertemuan tersebut, Esper dan Prabowo juga menandatangani Memorandum of Intent untuk memajukan upaya Defense Prisoner of War / Missing in Action Accounting Agency guna memulai kembali pekerjaannya di Indonesia dalam memulihkan sisa-sisa personel AS yang hilang di Indonesia selama Perang Dunia II.

Tidak sampai disitu, kedua pemimpin juga menyatakan simpati kepada mereka yang terkena COVID-19 di Amerika Serikat dan Indonesia.