Jumat, 19 April 2024

Bakamla RI Evakuasi 12 ABK Korban Kecelakaan Kapal  di Laut Timor

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Bakamla RI berhasil mengevakuasi korban kecelakaan dua kapal di Laut Timor, Rabu (24/5). Kedua kapal tersebut adalah Kapal Layar Motor (KLM) Tanjung Jaya 03 dan KLM Marisa Inda. 

Mengutip informasi resmi dari Bakamla RI, Jumat (26/5) KLM Tanjung Jaya 03 mengalami kerusakan akibat menabrak karang pada Selasa (23/5). Sementara, KLM Marisa Inda mengalami mati mesin pada Minggu (21/5).

Baca Juga: Lemhannas Gelar Seminar Hankam, Bahas Perlindungan IKN

“Mulanya, pihak Kantor SAR Kupang menerima Telegram dari Kapal Pemerintah Australia ‘Otway’ yang berhasil mengevakuasi 12 orang ABK dari kedua kapal tersebut,” tulis keterangan Bakamla RI. 

Laporan tersebut kemudian diteruskan kepada  KN Pulau Nipah-321 dan KP Orca 01 yang merupakan bagian Bakamla RI. Kedua kapal tersebut sedang melaksanakan operasi Gannet 7/23 di wilayah perairan sekitar kejadian.

Baca Juga: Aksi Prajurit Tontaikam Brigif Mekanis 1 PIK/JS Amankan Ibu Kota

Dibawah komandoi Letkol Bakamla Anto Hartanto Wibisono, KN Pulau Nipah-321 langsung bergerak menuju titik yang disepakati bersama kapal Otway untuk menjemput 12 ABK yang telah berhasil diamankan.

Setelah sampai lokasi, evakuasi 12 ABK dilakukan dengan bantuan sejumlah pihak, termasuk personel dari Kantor SAR Kupang dan Polair Kupang. Belasan ABK tersebut kemudian diserahkan kepada Pos Angkatan Laut Papela untuk dipulangkan ke keluarganya masing-masing. (un) 

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER