Selasa, 25 Juni 2024

Bahas Taktik dan Strategi, KSAU Hadiri Tactical Floor Game Pengamanan KTT G20

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menghadiri kegiatan Tactical Floor Game (TFG) pengamanan (Pam) VVIP Presidensi G20 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di GOR Kepaon Praja Raksaka, Denpasar, Bali, Rabu (09/11).

Dalam TFG ini, Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI Andyawan Martono bertindak sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabpad) yang memberikan skenario kontijensi kepada para Dansatgas. Para Dansatgas kemudian harus menindaklanjuti penyelenggaraan operasi dan koordinasi sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

KSAU Hadiri Tactical Floor Game Pengamanan KTT G20
(Dok. Dispenau)

Mengutip keterangan Dispenau, TFG bertujuan untuk menyusun taktik dan strategi yang akan diaplikasikan dalam pelaksanaan pengamanan Presidensi G20 di Nusa Dua, Bali.

TFG juga memungkinkan masing-masing satuan tugas (Satgas) untuk berkoordinasi tentang perencanaan operasi sehingga nantinya mereka mampu mengetahui kapabilitas dan kemampuan masing-masing armada, baik aspek darat, laut dan udara.

Hal ini sekaligus dilakukan agar setiap personel TNI yang terlibat dapat mengantisipasi berbagai potensi ancaman dan kontijensi yang ada, serta memperoleh solusi dari rangkaian jalannya operasi yang ditampilkan di atas maket simulasi.

Baca: Jelang G20 Bali, KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991 Latihan Pengamanan di Perairan Benoa

TFG yang digelar oleh TNI ini disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto.

”Bekerja dengan detail, tidak boleh ada celah kesalahan dan kekeliruan sedikit pun. Seluruh personel harus paham atas tugas dan tanggung jawab masing-masing yang telah dibagi dan aplikasi rencana yang telah teruji,” pesan Jokowi. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER