Asah Kemampuan Prajurit, Yonif 5 Marinir Latihan GMUK di Situbondo

11
Prajurit Yonif 5 Marinir berlatih taktik tempur Gerak Maju Untuk Kontak (GMUK) (Dispen Kormar)

Jakarta, IDM – Batalyon Infanteri (Yonif) 5 Marinir berlatih taktik tempur Gerak Maju Untuk Kontak (GMUK) di Puslatpur Marinir 5, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (21/6).

Prajurit Yonif 5 Marinir yang tergabung dalam rangkaian latihan Triwulan II Tahun Anggaran 2022 Brigif 2 Marinir ini melakukan materi latihan yang dimulai dari daerah kumpul sampai dengan persiapan dan tentang bagaimana cara melintasi daerah-daerah berbahaya, seperti medan ranjau maupun medan-medan terbuka.

Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol (Mar) Harmoko mengatakan, latihan GMUK sangat penting untuk melatih kemampuan prajurit “Gurita Cakti” Yonif 5 Marinir.

“Prajurit diharapkan selalu siap dan mampu melaksanakan tugas yang diberikan Komando atas, juga sebagai bekal prajurit untuk melaksanakan tugas di medan tugas yang sesungguhnya,” ujar Harmoko dikutip dari keterangan Dispen Kormar, Rabu (22/6).

Latihan GMUK bertujuan agar seluruh prajurit Yonif 5 Marinir mampu mengenal dan memahami tugas pokok dalam melaksanakan pokok sesuai dengan jabatan masing-masing.

Hal tersebut juga sebagai tindak lanjut perintah perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman. (at)