Selasa, 25 Juni 2024

Asah Kemampuan, Kopasgat TNI AU Gelar Latihan Penyegaran Statik dan Free Fall

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kopasgat TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar latihan penyegaran statik dan free fall dengan dropping zone di runaway Lanud Sulaiman, Bandung, Rabu (15/2). Latihan ini diikuti oleh para prajurit yang bertugas di Mako Kopasgat dan Wingdik 800.

Sebagai bagian dari program kerja Kopasgat tahun anggaran 2023, latihan ini memang secara rutin digelar dengan tujuan untuk mengevaluasi dan sebagai sarana tolak ukur kemampuan para penerjun Kopasgat TNI AU.

penerjun Kopasgat
Para penerjun Kopasgat TNI AU yang bersiap menaiki pesawat Hercules C-130 A-1305 untuk melakukan penerjunan. (Foto: Dok. Instagram @kopasgat_tniau)

Melansir keterangan Penerangan Kopasgat dalam akun instagram @kopasgat_tniau, penerjunan dilakukan dengan dukungan pesawat Hercules C-130 A-1305 yang diawaki oleh Mayor Pnb Fahmi Aldila.

Para penerjun diangkut dengan pesawat tersebut, di mana titik muatnya atau loading berlokasi di Lanud Husein Sastranegara, Bandung.

Baca: Samakan Pemahaman Skenario Latihan, Peserta Glagaspur Tingkat III Laksanakan TFG

Dalam prakteknya, penerjunan statik dilakukan dalam dua sorties dengan total penerjun sebanyak 119 personel. Mereka harus terjun dari ketinggian 900 sampai 1.200 Agl. Selanjutnya, sebanyak 49 personel melakukan free fall pada ketinggian 10.000 Agl.

Dengan memperhatikan keamanan (safety), latihan dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Sebelum penerjunan, para penerjun pun harus melalui pengecekan kesehatan, termasuk pengecekan tensi darah. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER