Rabu, 12 Juni 2024

AS Klaim Hancurkan Aset Militer Houthi di Yaman

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komando Pusat Amerika Serikat (US Central Command/CENTCOM) mengatakan bahwa mereka berhasil menghancurkan aset militer kelompok Houthi yang bermarkas di Yaman.

“Sekitar pukul 20.40 (waktu Yaman) pada 28 Mei, US CENTCOM berhasil menghancurkan dua peluncur rudal di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi, yang didukung Iran,” tulis CENTCOM melalui X, Kamis (30/5).

Baca Juga: Cina Pamer Robot Anjing Ketika Latihan Militer dengan Kamboja

Pada hari yang sama, Houthi juga disebut meluncurkan dua rudal balistik anti-kapal dari Yaman ke Laut Merah. Serangan itu tidak menimbulkan korban luka atau kerusakan pada kapal AS, koalisi maupun komersial.

Selain itu, CENTCOM kembali menghancurkan dua drone yang diluncurkan Houthi di atas Laut Merah pada keesokan harinya. Laut Merah merupakan salah satu jalur laut strategis karena dilewati mayoritas kapal minyak.

Baca Juga: Ukraina Klaim Tembak Jatuh Puluhan Drone dan Rudal Rusia dalam Semalam

“Dipastikan bahwa rudal dan sistem ini merupakan ancaman besar bagi AS, pasukan koalisi, dan kapal dagang di wilayah tersebut. Tindakan ini diambil untuk melindungi kebebasan navigasi dan menjadikan perairan internasional lebih aman dan terjamin,” katanya.

Sebelumnya, Houthi menegaskan pihak akan menargetkan kapal-kapal yang menuju pelabuhan Israel di wilayah manapun yang berada dalam jangkauan mereka. Hal itu diklaim sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina, yang telah diserang Israel sejak 7 Oktober tahun lalu. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER