Selasa, 28 Mei 2024

AS dan UE Gelar Latma Angkatan Laut untuk Pertama Kali

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) sukses menggelar latihan bersama Angkatan Laut pada 23-24 Maret. Latihan ini merupakan yang pertama kali dilakukan antara AS dan UE berdasarkan kesepakatan kerja sama pada Desember tahun lalu.

Latihan mencakup pertukaran informasi teknologi, scenario navigasi kapal dan koordinasi operasional antar pasukan. Latihan ini melibatkan kapal USS Paul Hamilton, Kapal Italia Carlo Bergamini serta Kapal Spanyol Reina Sofia.

“Latihan ini merupakan bagian dari komitmen bersama UE dan AS menuju kerja sama maritim praktis dan mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” menurut pernyataan Departemen Luar Negeri AS melansir State.gov, Sabtu (25/3).

Baca Juga: AS Balas Serang Fasilitas Garda Revolusi Iran di Suriah

Dalam pernyataan tersebut disebutkan bahwa tujuan dari latihan ini adalah meningkatkan interoperabilitas sekaligus menjaga kebebasan navigasi di laut lepas. Kebebasan navigasi sendiri merupakan prinsip hukum internasional di mana kapal dengan bendera masing-masing negara, dengan beberapa pengecualian, tidak memiliki hak untuk mengintervensi kapal lainnya. Meskipun latihan ini bagian dari komitmen bersama mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, lokasi latihan kapal-kapal AS dan UE itu dirahasiakan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER