Kamis, 13 Juni 2024

AS dan Polandia Luncurkan Operasi untuk Perangi Disinformasi dari Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Amerika Serikat (AS) dan Polandia meluncurkan operasi internasional yang berbasis di Ibu Kota Warsawa dengan misi membantu Ukraina melawan disinformasi Rusia.

Dilansir dari AP, Selasa (11/6), Ukraine Communications Group dibentuk sebagai upaya untuk mendeteksi dan menghilangkan kampanye disinformasi Rusia yang bertujuan melemahkan dukungan terhadap Ukraina secara global.

Baca Juga: Hampir 90 Negara akan Ikut KTT Perdamaian Ukraina, Rusia Diyakini Tidak Hadir

Kelompok tersebut mencakup perwakilan dari 12 negara termasuk Kanada, Perancis, Jerman, Finlandia, Italia dan beberapa anggota NATO lainnya serta Ukraina sendiri. Mereka bekerja di ruang yang disediakan oleh Kementerian Luar Negeri Polandia.

“Tantangan dalam perang informasi bukan hanya mengetahui apa yang dilakukan Rusia, namun juga mencari cara terbaik untuk memeranginya,” kata James Rubin, diplomat AS yang ditugaskan dalam kelompok tersebut.

Baca Juga: Tentara Korut Lintasi Batas Garis Demarkasi Militer, Korsel Lepas Tembakan

Rubin mengatakan, inisiatif ini berasal dari Amerika Serikat tetapi Polandia menyambut baik ide itu karena mereka sangat khawatir dengan dampak buruk disinformasi terhadap demokrasi. Sebelumnya, pejabat pemerintahan Polandia dilaporkan menjadi sasaran sabotase yang dilakukan oleh dinas rahasia Rusia. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER