Alumni Unhan Paparkan Materi Media Analitik di Rakernispen TNI AL

40
Rapat Kerja Teknis Penerangan (Rakernispen) Tahun 2022 di Mabesal, Cilangkap, Jakarta (Dispenal)

Jakarta, IDM – Alumni Pascasarjana Universitas Pertahanan (Unhan) Septiawan, M.Si (Han) atau yang akrab disapa Iwan, memaparkan materi Media Analitik kepada para punggawa peperangan informasi jajaran TNI AL dalam kegiatan Rapat Kerja Teknis Penerangan (Rakernispen) 2022 di Mabesal, Cilangkap, Jakarta, Selasa (21/6).

Iwan yang juga sebagai Redaktur Pelaksana Indonesia Defense Magazine, ikut serta sebagai pemateri di kegiatan tersebut untuk memberikan bekal kepada Kehumasan TNI AL dalam pengolahan dan penyampaian informasi yang dapat memberikan sentimen positif terhadap seluruh program TNI AL, sehingga masyarakat memiliki ‘trust’ atau kepercayaan dengan kinerja Angkatan Laut.

Wakil Asisten Intelijen Kepala Staf Angkatan Laut (Wasintel KSAL) Laksamana Pertama TNI Akmal yang hadir dalam kegiatan, mengatakan agar Dinas Penerangan TNI AL mampu melakukan manajemen opini yang bertentangan, untuk dapat mencegah terjadinya kendala terhadap proses pencapaian tujuan-tujuan dari opini publik yang berkembang di luar harapan TNI AL.

“Upaya persuasif, logis serta rasional diperlukan untuk mengubah opini subjektif atau irasional agar dapat menyelesaikan permasalahan terkait perkembangan opini publik yang tak sesuai harapan TNI AL,” ujar Akmal.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dispen Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Julius Widjojono menekankan, agar para punggawa penerangan mampu menciptakan konten pemberitaan berdasarkan fakta faktual kinerja TNI AL secara menarik, mulai dari ketepatan pengambilan gambar dan video sesuai berita yang akan dipublikasikan, serta dapat memilah judul-judul yang menarik.

“Analisa pemberitaan dan produk yang kalian publikasikan, butuh kerja cerdas, ikhlas, dan totalitas agar semakin profesional di bidang Kehumasan,” jelas Julius.

Hadir pula beberapa rekan media lainnya sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, seperti Edna Caroline dari Kompas yang membahas tentang jurnalistik, lalu Anita Mae dari CNN Indonesia membahas mengenai Presenter Talent, dan Ichwan dari TV One memaparkan tentang Voice Over (VO). (at)