Selasa, 28 Mei 2024

Aksi Personel Kopasgat TNI AU dan US AFSOC Lakukan Military Free Fall dan Static Line

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Latihan bersama (Latma) antara personel Kopagsat TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan US Air Force Special Operations Command (US AFSOC) yang bertajuk Joint Combined Exercise Training (JCET) Teak Spear Iron 2023 kini telah memasuki tahap praktek Military Free Fall (MFF) dan Static Line (SL).

Fase latihan ini merupakan aplikasi lapangan dari sejumlah materi yang telah didapat oleh para peserta beberapa hari sebelumnya. Dengan mengerahkan pesawat C-130 milik US AFSOC, MFF dan SL dilakukan dengan drop zone yang berada di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jumat (3/2).

Melansir keterangan Penerangan Kopasgat TNI AU dalam akun Instagram resmi mereka @kopasgat_tniau_, Sabtu (4/2), dalam implementasinya, MFF dan SL diawali dengan briefing penerjunan, kemudian disusul dengan drill dan persiapan dari US AFSCOC serta personel Kopasgat wilayah Malang, yakni Yonko 464 dan Dematra 2 Kopasgat.

Kopasgat
Aksi peserta Latma Teak Spear Iron 2023 saat melakukan MFF. (Foto: Dok. @kopasgat_tniau)

“Terjun statik melalui ramp door bukan hal baru bagi kita. Namun, kemampuan untuk melakukan terjun statik perlu selalu diasah dan di refresh. Untuk itu, manfaatkan peluang (latihan) ini dengan baik. Yakin pada kemampuan sendiri dan tetap jaga keselamatan (safety),” pesan Komandan Batalyon Komando 464 Kopasgat, Letkol Pas Puthut yang bertindak selaku Exercise Commander dalam latihan kali ini.

Latma Teak Spear Iron merupakan latihan regular yang digelar setiap tahun dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan unit pasukan khusus Indonesia dan Amerika Serikat (AS). Dalam penyelenggaraan tahun ini, Teak Spear Iron 2023 juga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama, persahabatan dan kohesivitas antara kedua unit.

Baca: Jepang Ingin Kerahkan Pasukan Lintas Udara dan Amfibi di Latma Super Garuda Shield 2023

Nantinya, para personel pasukan khusus kedua negara dapat saling bertukar atau berbagi pengetahuan, pengalaman, teknik dan taktik seperti tactical combat casually care, jungle tactical, high angle rescue, vertical wind tunnel, military free fall, dan air ground to integration. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER