Aksi Cepat Patkamla Menumbing 1.3-46 Evakuasi Penumpang KMP Mutiara Pertiwi

10
Dok. Foto/Puspen Koarmada I

Bangka Belitung-IDM, Patkamla Menumbing 1.3-46 yang merupakan Unsur Patroli jajaran Lanal Bangka Belitung dan Posal Muntok melaksanakan SAR dan evakuasi cepat penumpang KMP Mutiara Pertiwi yang karam di Perairan Karang Aji Muntok, Minggu (11/10/2020).

KMP Mutiara Pertiwi tolak dari Pelabuhan Tanjung Siapi Api menuju Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, namun ditengah perjalanan mengalami karam pada malam hari sekitar pukul 20.05 Wib. Keseluruhan penumpang maupun supir truk dan minibus berhasil di evakuasi dari KMP Mutiara Pertiwi ke kapal KN Kalian milik KSOP oleh Patkamla Menumbing 1.3-46 bersama KP 27 Polairud Bangka Barat menuju dermaga ASDP Tanjung Kalian.

Dok. Foto/Puspen Koarmada I

Setelah kapal KN Kalian sandar di dermaga ASDP Tanjung Kalian, seluruh penumpang didata dan dilakukan pengecekan kesehatan oleh KKP Muntok dan Puskesmas Kecamatan Muntok dengan jumlah terdata keseluruhan penumpang 58 orang baik supir truk maupun minibus, selanjutnya para penumpang difasilitasi makan malam dan penginapan oleh pihak pengurus KMP Mutiara Pertiwi.

Penyebab karamnya KMP Mutiara Pertiwi yang diketahui membawa kendaran baik truk dan minibus berjumlah 17 unit (sesuai manifes) masih dalam penyelidikan pihak berwenang dan selanjutnya pergerakan KMP Mutiara Pertiwi menunggu air pasang tinggi hari ini. (rgp/wan)